Monday, September 7, 2015

Cara Pemasangan Respirator Untuk Bahan Organik/ uap asam



Tujuan :
            Tujuan penggunaan respirator yang dimaksud dalam prosedur tetap ini adalah untuk melindungi karyawan yang bekerja menggunakan bahan organik dan asam yangmudah menguap.
Tanda Respirator :
            Respirator berwarna khusus atau dengan penandaan khusus.
Cara Pemakaian :
  1. Pasanglah tali pengikat bawah respirator melingkari kepala sedikit di bawah telinga, kalau perlu longgarkan tali pengikat tersebut
  2. Letakkan respirator pada wajah mulai dengan menempelkan pada bagian dagu kemudian hidung. Pastikan bahwa respirator terpasang dengan baik dibagian hidung.
  3. Tahan respirator pada kedudukannya. Dengan tangan yang bebas, periksa kesempurnaan kedudukan respirator dengan cara menekan sehelai karton pada bagian pemasukan udara yang melalui saringan, kemudian tiup dengan kertas. Jika pemasangan besar dan kedudukan respirator sempurna, maka akan terasa tekanan positif pada bagian dalam respirator. Jika bocor, perbaiki kedudukan respirator dan periksa kembali seperti cara diatas.
  4. Sesudah respirator terpasang dengan baik, dengan tangan yang bebas, pasang tali pengikat atas respirator melingkari kepala sambil menahan respirator pada kedudukannya.
Kencangkan tali pengikat.
5.  Selama digunakan, respirator harus tetap pada kedudukannya. Bila kedudukannya berubah, ulangi kembali pemasangan mulai dari langkah 3 diatas.

No comments:

Post a Comment