Wednesday, June 24, 2015

Citicolin (Brain act®)



Citicolin (Brain act®)

Sitikoline adalah senyawa pendahulu (precussor) komponen membrane CDP-coline, dan dipercaya mempunyai efek neuroprotektif ganda pada cascade iskemik, dengan cara stabilisasi membrane neuronal dan menghambat pembentukan radikal bebas. Suatu studi menunjukkan perbaikan signifikan bila diberikan pada pasien dalam awitan 24 jam.Obat ini mungkin bereaksi pada aspek akhir cascade iskemik, atau pada pemulihan neuronal.

Indikasi :
Untuk membantu menangani penurunan kemampuan kognitif pada usia lanjut.merupakan turunan choline dan cytidine terlibat dalam biosintesa lecithin. Dapat meningkatkan aliran darah dan konsumsi oksigen pada otak.
Dosis :
Penurunan kesadaran karena cedera kepala atau bedah otak.Dewasa : 100-500 mg 1-2 x /hari dengan infus IV drip atau injeks IM/IV. Penurunan kesadaran karena infark serebral akut 1 g 1 /hari secara injeksi IV selama 2 minggu terus menerus. Hemiplegia pasca apopleksi 1 g 1 x /hari secara IV selama 4 minggu terus menerus atau 250 mg 1 x /hari secara IV selama 4 minggu terus menerus atau 1 g per oral.
                                        
Penggunaan Obat :Berikan pada saat makan atau diantara waktu makan.
Peringatan :
Pasien dengan gangguan kesadaran akut, serius, dan progresif, pemberian bersama dengan obat hemostatik, obat yang menurunkan TIK.Hindari pemberian dosis tinggi pada pendarahan intrakranial, jaga agar suhu tubuh tetap normal.

Efek Samping :Hipotensi, ruam, insomnia, mengantuk.

No comments:

Post a Comment