Thursday, July 30, 2015

ACIDUM BORICUM




ACIDUM BORICUM 
Sinonim          :    Asam berat, Boric, Orthoboric acid, Acidum boricum cristalisatum, Sal sedativum Hombergii, Boorzuur, Boorwater. H3 BO3
Pemerian        :    Serbuk halus mengkilap, putih, tidak berbau, rasa agak asam kemudian manis.
Pemerian        :    Serbuk halus mengkilap putih, tidak berbau, rasa agak asam kemudian manis.
Kelarutan       :    20/air, 3/ air mendidih, 16/etanol, 5/glycerol
Khasiat           :    Antiseptik extern, Bactericd, Fungisid
Pemakaian      :    Luar
Golongan       :    Bebas
DM/DL          :    -
Sediaan          :    Acidum Boricum Pulv (Zalf)
                       :    Acidi Borici Guttae Auricularis (200 mg)
                       :    Acidi Borici Solutio (3 g/100 ml)
bt/E/ pH/L      :    E = 0,55, bt 1% = 0,28 ; L = 1,8, Ph (3,3%) = 3,8 – 4,8
Sterilisasi        :    Cara …… dalam bejana tertutup, d,c,f (untuk larutan, Filtrasi).
O.T.T              :    - Asam salicylat terbentuk borosalysilat yang mudah larut dan rasanya pahit.
                            - Apomorphin HCl terbentuk Borol Apomorphin seperti selai
- Carbonat 2 terbentuk CO2 juga dnegan Alkai OH
-    Garam – garam sukar larut : Ag, Al, Ba, Ca, Hg, Pb, dan Zn
-    Glycerinum terbentuk Boroglycerin (bereaksi asam)
-    Na. Flu rscenas, terjadi endapan dari Fuerescoin
(Perba akan Na Fluerescenas dilarutkan dalam campuran 3% Ac. Boricum + 3 % Na Biboras)
-    Na Salicylas terjadi na. Borosilicylas + air
-    Polypinyl alkohol dan Tannin.
Catatan            :           Untuk sediaan goluti pada etikat tertera tidak untuk obat cuoi mata

No comments:

Post a Comment