Monday, June 1, 2015

HEPATITIS C



Hepatitis C

Batasan
1.      Hepatitis C merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV).  
2.      Ada beberapa genotipe (atau jenis) virus hepatitis C  yang berlainan
3.      Infeksi mengakibatkan peradangan hati (dikenal sebagai “hepatitis”)
4.      Kira-kira seperempat orang yang terinfeksi akan menghapuskan virus ini  dalam waktu beberapa bulan
5.      Tiga perempat lain akan menderita infeksi berkelanjutan (kronis) dan   banyak penderita akan membawa virus ini seumur hidup. Sebagian  penderita ini akhirnya akan menderita sirosis atau kanker bertahun-tahun   setelah infeksi.

Gejala
Kira-kira 10% sampai 20% dari penderita yang terinfeksi virus hepatitis C  menderita gejala dari 2 minggu sampai 6 bulan (biasanya 6 sampai 9 minggu) setelah infeksi. Gejala-gejala ini termasuk lelah, hilang nafsu makan, perut kurang enak, mual, muntah, penyakit kuning (mata dan kulit  menjadi kuning) dan air seni berwarna pekat.

Terapi
Pengobatan bertujuan menghapuskan hepatitis C dari tubuh Anda dan mengurangi kerusakan hati.  Tidak semua orang memerlukan perawatan karena hepatitis C sering kurang parah dan tidak  akan mempengaruhi kesehatan jangka panjang. Perawatan yang paling efektif untuk hepatitis C adalah pengobatan kombinasi dengan interferon pegilasi dan ribavirin.
Pengobatan hepatitis C telah berkembang dengan cepat pada tahun-tahun belakangan dan sekitar 80% orang yang  mempunyai genotip tertentu dan sekitar 50% sampai 60% dari semua orang yang dirawat  dengan pengobatan yang digunakan pada dewasa ini berhasil menghapuskan virus ini.  Beberapa genotip lebih responsif terhadap perawatan dibandingkan dengan genotip lain. Ini  berarti bahwa sebagian penderita hepatits C dapat menghapuskan virus ini dan bebas dari gejala.  Interferon disuntik di bawah permukaan kulit dan ribavirin diminum dalam bentuk pil. Perawatan  biasanya berjalan selama 6 sampai 12 bulan. 

No comments:

Post a Comment