Sunday, July 12, 2015

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Swamedikasi



Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Swamedikasi
Ketika pasien atau konsumen memilih untuk melakukan pengobatan sendiri atau swamedikasi, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan supaya pengobatan sendiri tersebut dilakukan dengan tepat & bertanggung jawab, seperti yang medicastore dari situs CHCA (Consumer Healthcare Products Association) berikut ini:
  1. Pada pengobatan sendiri, individu atau pasien memegang tanggung jawab utama terhadap obat yang digunakan. Oleh karena itu sebaiknya baca label obat dengan seksama & teliti. Kemudian perhatian khusus perlu diberikan bagi penggunaan obat untuk kelompok tertentu, seperti pada anak-anak., lanjut usia ataupun wanita hamil & menyusui.
  2. Jika individu atau pasien memilih untuk melakukan pengobatan sendiri, maka ia harus dapat :
    1. Mengenali gejala yang dirasakan
    2. Menentukan apakah kondisi mereka sesuai untuk pengobatan sendiri atau tidak
    3. Memilih produk obat yang sesuai dengan kondisinya
    4. Mengikuti instruksi yang tertera pada label obat yang dikonsumsi
  3. Pasien juga harus mempunyai informasi yang tepat mengenai obat yang dikonsumsi, dengan cara membaca label obat dengan teliti. Dan berkonsultais ke dokter bila perlu, hal ini terutama bila dirasakan bahwa pengobatan sendiri atau swamedikasi yang dilakukan tidak memberikan hasil seperti yang diharapkan.
  4. Setiap orang yang melakukan pengobatan sendiri atau swamedikasi juga harus menyadari kelebihan ataupun kekurangan dari pengobatan sendiri yang dilakukan. Dengan mengetahui manfaat & resikonya, maka pasien atau konsumen tersebut juga dapat melakukan penilaian apakah pengobatan sendiri atau swamedikasi tersebut perlu dilakukan atau tidak.

No comments:

Post a Comment