Sunday, July 12, 2015

Pengertian, Fungsi dan Teknik Pengawasan Mutu



                Kebutuhan akan pengawasan mutu timbul setelah adanya revolusi industri , oleh karena proses produksi dikerjakan oleh mesin, maka diperlukan adanya orang – orang  yang betugas untuk menyortir  pekerjaan yang tidak memuaskan dan menyingkirkan ke suatu tempat  dan pada saat inilah dikenal dengan pengawasan mutu.
            Adapun pengawasan mutu menurut sofyan assauri  adalah  “ Kegiatan untuk memastikan apakah kebijaksanaan  dalam hal mutu (standar) dapat tercermin dalam hasil akhir”.
            Menurut Agus ahyari pengawasan mutu adalah “ merupakan aktivitas untuk menjaga dan mengarahkan agar mutu produk perusahaan dapat dipertahankan sebagaimana yang telah direncanakan.
            Sedangkan pengawasan mutu menurut Harold T Amrine  adalah pengendalian mutu adalah suatu fungsi staf yang bersangkutan dengan pencegahan  kesalahan – kesalahan manufaktur  sedemikian sehingga barang – barang yang dibuat betul pada pertama kali dan tidak perlu diafkir.
            Dari beberapa defenisi tersebut dapat disimpulkan bahwa  yang dimaksud dengan pengawasan mutu adalah suatu fungsi staf yang bersangkutan  dengan usaha untuk mempertahankan  mutu dari barang yang dihasilkan agar sesuai dengan standar produk yang telah ditetapkan  berdasarkan kebijaksanaan pimpinan perusahaan sehingga memuaskan konsumen. 
            Dengan adanya standar mutu yang telah ditetapkan tersebut  maka dapat diadakan suatu pemeriksaan atas kemungkinan timbulnya penyimpangan – penyimpangan (deviasi) antara pelaksanaan dengan standar yang telah ditetapkan.

            Jadi dalam pengawasan mutu terdapat beberapa unsur – unsur  yang penting antara lain :
§  Adanya standar mutu yang telah ditetapkan
§  Harus ada cara untuk mengukur mutu dari produk yang dihasilkan
§  Cara yang diperlukan untuk mengadakan perbandingan antara mutu dari produk yang dihasilkan dengan standar mutu produk yang dihasilkan
§  Cara yang diperlukan untuk mengadakan perbaikan – perbaikan terhadap mutu produk yang dihasilkan apabila tidak sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.
Dengan demikian pengawasan mutu tidak hanya melakukan analisa terhadap penyimpangan – penyimpangan yang terjadi tetapi juga memberikan suatu cara untuk mengatasi atau meniadakan penyimpangan yang terjadi.

No comments:

Post a Comment