Thursday, August 20, 2015

Cetirizine



Cetirizine

·         Komposisi :
-          Tiap tablet salut selaput mengandung cetirizine diHCI 10 mg
·         Aspek farmakologi :
Cetirizine adalah antihistamin, pada dosis farmakologi aktif, mempunyai efek mengantuk yang lebih kecil, dengan tambahan sifat antialergi. Cetirizine adalah reseptor H1-antagonis selektif dan pada reseptor lain efeknya dapat diabaikan, bebas dari efek anticholinergik dan antiserotonin. Cetirizine menghambat mediator histamin fase awal dari reaksi alergi, juga menurunkan migrasi sel inflamasi dan melepaskan mediator yang berhubungan dengan respon alergi yang sudah lama.
·         Indikasi :
Pengobatan perennial rinitis, alergi rinitis musiman dan kronik idiopatik urtikaria.
·         Dosis :
-          Dewasa dan anak-anak diatas atau sampai 12 tahun : 1 tablet (10 mg) perhari.
-          Pada saat ini tidak cukup data klinik untuk direkomendasikan penggunaan cetirizine pada anak-anak dibawah atau sampai 12 tahun.
-          Pada saat ini tidak ada data, yang menyarankan penurunan dosis untuk penderita lansia.
-          Pada penderita kerusakan ginjal, dosis harus dikurangi menjadi ½ tablet perhari.
·         Kontraindikasi :
Penderita dengan pengalaman hipersensitif pada cetirizine. Cetirizine kontraindikasi pada ibu menyusui karena diekskresikan melalui ASI.
·         Efek Samping :
Ada beberapa laporan terjadinya efek samping ringan dan sementara, misalnya sakit kepala, pusing, mengantuk, gelisah, kering mulut dan ketidaknyamanan pada pencernaan. Pada beberapa individu terjadi reaksi hipersensitif, termasuk reaksi kulit dan mungkin terjadi angiodema.
·         Peringatan dan perhatian :
-          Penelitian dengan ukuran objektif tidak menunjukkan adanya efek cetirizine pada fungsi kognitif, kinerja motorik atau mengantuk. Walaupun demikian, adanya efek terhadap system syaraf pusat telah diamati pada beberapa individu penderita,  karenanya hati-hati bila mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin.
-          Penggunaan pada kehamilan Cetirizine hanya boleh diberikan kepada wanita hamil, bila benar-benar diperhitungkan keuntungan lebih besar dari kerugiannya.
-          Hati-hati penggunaan pada penderita epilepsi.
·         Penyimpanan : Simpan pada suhu kamar (25-30°C), terlindung dari cahaya.
·         Kemasan : Dus berisi 3 strip @ 10 tablet salut selaput
·         Pabrik : PT KIMIA FARMA
·         Nomor registrasi : GKL0412421717A1

No comments:

Post a Comment