Thursday, August 20, 2015

NOVASON FENILBUTAZON



NOVASON FENILBUTAZON

·         Komposisi  :
Tiap tablet salut selaput mengandung fenilbutazon 200 mg.
·         Indikasi  :
Untuk ankylosing spondilitis aktif, arthritis gout akut, rheumatoid arthritis aktif, osteoarthritis akut.
* Kontraindikasi :
-     Udem, dekompensasi jantung, ulkuslambung, riwayatdiskrasiadarah, anakberusiakurangdari 14 tahun, kerusakan ginjal dan hati, hipersensitif terhadap Fenilbutazon.
-     Penderita dengan hipertensi, penyakitjantung, penyakitginjal, dan gangguan fungsi hati sehubungan dengan sifatnya yang menyebabkan retensi air dannatrium.
* Dosis :
Dosis disesuaikan dengan :
-     Untuk arthritis rheumatoid aktif, osteoarthritis akut dan ankylosing spondylitis aktif : 300 - 600 mg sehari dalam 3 - 4 kali dosisbagi, selanjutnya diturunkan sesuai kebutuhan dengandosis 200 - 300 mg sehari dalam dosis bagi.
Jika tidak ada respon pemberian obat harus dihentikan.
-     Arthritis gout akut : dosis  awal 500- 800 mg sehari dalam 2 - 3 dosisbagiuntuk 1 - 3 hari, selanjutnya diberikan 200 - 400 mg sehari, sampai 7 hari.
* Efek Samping :
Mual, muntah, rasa tidak nyaman pada ulu hati, diare, vertigo, insomnia (susahtidur), euforia (keadaan emosi yang gembira berlebihan), hematuria (kencing yang bercampur darah), dan pandangan buram.
* Peringatan dan Perhatian :
-     Untuk mengatasi iritasi, obat ditelan bersama makanan atau susu.
-     Sebaiknyatidakdigunakanpadapasienusia 60 tahunataulebih, wanitahamildanmenyusui
* Cara Kerja Obat :
Efek anti-inflamasi fenilbutazon untuk penyakit atritis reumatoid dan sejenisnya sama kuat dengan salisilat, tetapi efek toksiknya berbeda. Efek analgesik terhadap nyeri yang sebabnya nonreumatik lebih lemah dari salisilat. Fenilbutazon memperlihatkan retensi natrium klorida yang nyata, disertai dengan pengurangan diuresis dan dapat menimbulkan udem. Fenilbutazon memperlihatkan efek urikosurik ringan dengan menghambat reabsorpsi asam urat melalui tubuli.

No comments:

Post a Comment