Monday, July 6, 2015

Captopril



   Captopril (Acepress, Captensin, Dexacap, Tensicap, Vapril)
-       Indikasi : Hipertensi, gagal jantung, pasca infark miokard, dan diabetik nefropati
-       Bentuk sediaan : tablet 12,5 mg, 25 mg
-       Dosis : Gagal jantung (bersama diuretik, digoksin, penyekat beta). Dosis awal 6,25 - 12,5 mg 2-3x/hari, dosis dapat dinaikkan perlahan-lahan dalam interval paling sedikit 2 minggu sampai maksimum 150 mg/hari dalam dosis terbagi bila cocok.
-       Kontra indikasi : Kaptopril kontraindikasi pada pasien yang hipersensitifitas tehadap penghambat enzim konversi angiotensin (termasuk angioedema). Kaptopril tidak boleh digunakan pada kehamilan.
-       Efek samping : Kaptopril (penyekat ACE) dapat menyebabkan hipotensi dan batuk kering yang persisten. gejala saluran napas atas seperti sinusitis, rinitis, dan sakit tenggorokan.
Efek saluran pencernaan yang dilaporkan dengan penghambat ACE adalah mual, muntah, dispepsia, diare, konstipasi, dan nyeri abdominal. Hiperkalemia, hipoglisemia, kelainan darah seperti trombositopenia, leukopenia, neutropenia, dan hemolitik anemia juga telah dilaporkan.
Efek samping yang lain adalah sakit kepala, mialgia, artralgia, antinuclear antibody positif, meningkatnya laju endap eritrosit, eosinofilia, leukositosis,
-       Interaksi obat : Efek hipotensi kaptopril meningkat bila diberikan bersama diuretik; dosis harus disesuaikan. Diuretik hemat kalium (spironolakton, amiloride, triamteren), dan suplemen kalium, harus digunakan secara hati-hati pada pasien yang mendapatkan kaptopril; data yang terbatas menunjukkan gangguan fungsi ginjal dapat terjadi. Pemberian bersamaan antasid dan kaptopril dapat menurunkan bioavailabilitas dari kaptopril s/d 40-45%.. Probenesid dapat meningkatkan kosentrasi kaptopril dan metabolitnya dalam darah, mungkin dengan menurunkan sekresi tubular kaptopril. Seberapa penting interaksi ini belum bisa dijelaskan sepenuhnya. Pemberian kaptopril bersamaan dengan NSAID dapat menurunkan respon penurunan tekanan darah dari kaptopril dan beberapa data menyatakan kombinasi ini dapat menurunkan fungsi ginjal yang akut. Tekanan darah dan fungsi ginjal harus dimonitor
-       Interaksi makanan : kaptopril baiknya digunakan dalam keadaan perut kosong (1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan) untuk meningkatkan absorpsi.
-       Informasi pasien : minum kaptopril sesuai dengan petunjuk dokter dan jangan menghentikan penggunaan tanpa seizin dokter.
-       Stabilitas dan penyimpanan : simpan di tempat yang sejuk dan kering

No comments:

Post a Comment