Tuesday, July 7, 2015

herbal medicine Tampa Badak (Voacanga foetida )



Tampa Badak (Voacanga foetida )

klasifikasi
Divisio                  : Spermatophyta
Kelas                     : Angiospermae
Sub kelas               : Dicotyledonae
Ordo                     : Apocynales
Familia                  : Apocynaceae
Genus                    : Voacanga
Spesies                  : Voacanga foetida (BI.) K. Schum

Sinonim:  Hamperu: Sunda dan Jawa Barat; Puding - hitam: Riau; Tampa badak: Maninjau; Boweh kondiak : Payakumbuh; Kumbi: Lombok


Uraian:
            Berupa pohon dengan tinggi 5-10 meter. Daun bulat, panjang sampai bulat telur terbalik, ujungnya meruncing, bagian atas daun mengkilat dan berukuran 6,5-11 cm × 15-30 cm serta mempunyai tangkai. Bunga merupakan bunga majemuk yang terdapat pada ujung batang mempunyai tangkai 5-10 cm dan tangkai anak bunga 2-3 cm. Kelopak bunga jumlahnya sebanding dengan jumlah mahkota dan bagian dasar kelopak bunga menyempit. Buahnya bulat dan bergetah.

Kandungan dan Khasiat
Kandungan:
Tumbuhan tampa badak ini diketahui banyak mengandung alkaloid, dari daun diisolasi alkaloid vobtusin, amatain, 2-deoksivobtusin, 18-oksovobtusin dan dari kulit buah sudah diisolasi alkaloid akuamidin, vobtusin dan tubersonin, sedangkan dari akar terdapat alkaloid voakangin, voakamin dan vobtusin (Leeuwenberg and Harbone, 1985). Kunesch et al (1970) telah mengisolasi daun tumbuhan tampa badak dan ditemukan beberapa alkaloid antara lain: vobtusin, vobtusina lakton, desoksi vobtusinlakton, voafolin, voafolidin, isovoafolin dan isovoafolidina.
Khasiat
Daun tampa badak secara tradisional digunakan sebagai obat luka, gatal-gatal, antifungi, antiamuba, antibakteri, penyakit kulit, pegal-pegal, sakit kepala dan sakit perut. Penelitian yang telah dilakukan bahwa akar dari tumbuhan tampa badak mempunyai efek hipotensif dan sedatif, daun tampa badak mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antikanker.

2 comments:

  1. dapat data dari mana ya kak?
    kalau ada jurnal atau buku nya saya boleh lihat?

    ReplyDelete
  2. Kak referensi nya minta dicantumkan kak

    ReplyDelete