Sunday, July 12, 2015

Tujuan dan Pentingnya Pengawasan Mutu industri farmasi



Tujuan dan Pentingnya Pengawasan Mutu 
Tujuan Pengawasan Mutu
Tujuan pengawasan mutu di antaranya :
§  Agar barang hasil produksi dapat mencapai  standar mutu yang telah ditentukan
§  Mengusahakan agar biaya inspeksi dapat ditekan sekecil mungkin
§  Mengusahakan agar biaya desain dari produk dan proses dengan menggunakan mutu produksi tertentu dapat menjadi sekecil mungkin.
§  Mengusahakan agar biaya produksi menjadi serendah mungkin.
Adapun tujuan dari pengawasn mutu adal untuk mendapatkan jaminan bahwa mutu dari barang yang dihasilkam yang dihasilkan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan dan dengan biaya yang ekonomis.
Bila ditinjau lebih jauh, maka efek yang oleh tercapainya  tujuan dari pengawasan  mutu adalah timbulnya kepercayaan (Reability) produk terhadap konsumen atau pembeli, serta dapat meningkatkan penjualan, Tujuan utama dari pengawasan ini pada dasrnya mengandung 2 unsur penting yaitu bahwa mutu dari pada produk yang dihasilkan harus sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan serta dikerjakan dengan biaya yang ekonomis.
Apabila dilihat dari perkembangan industry dewasa ini yang semakin meningkat serta tingkat persaingan yang semakin kuat diantara perusahaan – perusahaan, maka penawaran terhadap produk lebih besar dari pada permintaannya, parakonsumen dan pembeli tidak akan begitu saja membeli atau memakai produk satu – satunya yang ada di pasaran.  Dengan adanya penawaran penawaran yang lebih besarr dari permintaan ini, maka para para konsumen mempunyai 2 motif didalam membeli suatu produk yaitu harga yang lebih murah dengan mutu yang terjamin.  Oleh karena itu sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan serta yang dikerjakan dengan biaya yang seminimal mungkin, Untuk mencapai keadaan yang demikian ini, maka diperlukan adanya pengawasan mutu yang baik serta diharapkan akan dapat meminimalkan biaya produksi dari penyimpangan yang terjadi dalam proses produksi.

Dengan demikian dapat disimpulkan tujuan dari pengawasan mutu dapat ditinjau dari 2 segi :
ü  Bila ditinjau dari segi produk, maka tujuan dari pengawasan mutu adalah untuk mencapai dan mempertahankan mutu dari produk yang dihasilkan dengan biaya yang ekonomis.
ü  Bila ditinjau dari segi ekonomis perusahaan, maka tujuan dari pengawasan mutu adalah untuk mempertahankan tingkat kepercayaan ( Relibility) produk terhadap konsumen

Pentingnya Pengawasan Mutu
Produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan tidak akan selalu dipakai atau di beli oleh kosumen apabila produk tersebut tidak sesuai dengan selera konsumen.  Untuk menyesuaikan atau menghasilkan produk – produk yang sesuai dengan selera konsumen diperlukan adanya informasi – informasi tentang spesifikasi – spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen.  Berdasarkan informasi yang diperoleh tersebut maka setiap perusahaan akan berusaha menghasilkan suatu produk yang sesuai dengan yang diinginkan konsumen.
Sebab para konsumen berhak menentukan produk apa yang akan dibelinya.  Oleh karena itu setiap perusahaan harus berorientasi  pada keinginan konsumen di dalam menghasilkan produk.  Para konsumen cenderung membeli produk yang harganya relatif murah dengan mutu yang terjamin.  Untuk memperoleh produk yang mutunya terjamin maka diperlukan pengawasan mutu.
Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa pengawasan mutu sangatlah penting dalam perusahaan. Dan apabila mutu dari produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan terjamin, maka keadaan yang seperti ini akan mempengaruhi tingkat penjualan serta reputasi (nama baik) perusahaan di dalam pandangan masyarakat.

2 comments:

  1. Artikel yang baik. Apakah Mutu di industri Farmasi saat ini sudah mempertimbangkan analisa resiko ?
    Training Auditor

    ReplyDelete
  2. makasih gan infonya
    jangan lupa mampir ke blog ane ya
    http://manajemenmentor.blogspot.co.id/

    ReplyDelete