Thursday, June 4, 2015

TUMOR MANDIBULA



TUMOR MANDIBULA
1.        Batasan
Tumor mandibula adalah tumor jinak ondontogenik pada mandibula yang mempunyai kecenderungan tumbuh ekspansif dan progresif, hingga menimbulkan deformitas wajah.

2.        Patofisiologi
Tumor ini berasal dari sel ameloblast atau adamantoblast, berupa sel yang tidakberdiferensiasi membentuk email. Walaupun secara histopatologis tidak tergolong lesi yang ganas, namun tumor ini tumbuh sangat agresif, yang menggambarkan suaru lesi ganas yang indolent atau low-grade semacam basalioma. Rekurensi bisa terjadi bila tumor ini hanya dioperasi dengan cara melakukan kuratase. Pada operasi yang dilakukan adekuat dengan cara melakukan reseksi 1 cm ditepi lesi, maka sangat jarang didapatkan rekurensi.

3.        Gejala Klinis
·         Biasa terjadi pada usia 20-40 tahun, dengan distribusi sama antara laki-laki dan perempuan
·         80% terjadi pada mandibula, paling sering di bagian posterior
·         Muncul sebagai benjolan di mandibula yang tidak nyeri, tumbuh perlahan dan dapat mencapai ukuran yang cukup besar hingga menyebabkan perubahan bentuk wajah

4.        Diagnosa banding
·         Osteosarkoma mandibula
·         Kista odontogenik mandibula
·         Odontogenic keratocyst mandibula
 
5.        Penatalaksanaan Terapi
Terapi ameloblastoma mandibula ialah reseksi mandibula dengan jarak minimal 1 cm dari batas tulang mandibula sehat yang terlihat pada foto mandibula terbaru. Mandibula yang direseksi dapat dilakukan rekonstruksi langsung (early permanent reconstruction) dengan tandur ulang, atau early temporary reconstruction dulu dengan kawat Kirschner atau plat dan baru 6 bulan kemudian dilakukan delayed permanent reconstruction dengan tandur tulang.

3 comments:

  1. selamat pagi, mau tanya, saya terdiaknosa dan positif tumor mandibula akibat pertumbuhan gigi bungsu saya yang tumbuhnya tidak sempurna, dan mengakibatkan pembengkakan pada pipi sebelah kanan pertama kali terlihat benjolan dan ahirnya cuma disedot keluar cairan warna putih agak keruh kecoklatan, 1 tahun kemudian tumbuh lagi berupa benjolan dan agak besar dari yang pertama kemudian dokter menyarankan untuk oprasi di suatu klinik bedah, dan sudah diangkat tetapi giginya malah belum diangkat, 1 tahun kemudian tumbuh benjolan lagi dan benjolan yang ini sanggat besar sekali tapi tidak ada rasa sakitnya, bengkak di gusi dan sering mengeluarkan bercak darah kemudian dioprasi lagi kesebuah rumahsakit di jogja sepisialis bedah mulut giginya diambil, dan katanya tulangnya rahangnya takut patah dan harus mengunakan plat satu tahun sudah berlalu sampai saat ini, terkadan masih ada gelembung putih kayak sariawan apakah berbahaya ??
    dan jangkawaktu plat nya apakah akan diambil lagi?
    solusi apa biar penyakit semacam ini bisa sembuh total dok mohon info?

    ReplyDelete
  2. Antonius Giarno :saya punya pengalaman serupa dengan anda tapi yang megalami adik perempuan saya dan masih duduk di bangku sd. Saya sekeluarga juga bingung dan sedih mengetahui hal tsb usia adik saya masih sangat kecil dan sering menangis

    ReplyDelete
  3. Serem yaa penyakit-penyakit saat ini ..
    Boleh dicoba dengan pengobatan ini gan, mudah-mudahan bisa menjadi perantara
    Obat Tumor Mandibula Selain Operasi Yang Terbukti Ampuh

    ReplyDelete