Wednesday, May 27, 2015

TEKNOLOGI LIQUID


SATURASI
A.  Definisi Saturasi

Saturasi adalah obat minum yang dibuat dengan mereaksikan asam dengan basa tetapi gas yang terjadi dalam larutan adalah jenuh dengan gas.
Saturasi merupakan obat cair yang pada prinsipnya larutan yang jenuh dengan CO2 . CO2 berfungsi sebagai corrigens. Saturasi tidak dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama karena akan memperlambat CO2 hilang, sehingga tidak memenuhi syarat saturasi lagi.
Tujuan pemberian obat saturasi:
1.      Untuk menutupi rasa garam yang tidak enak
2.      CO2 mempercepat absorbs
3.      Merangsang keluarnya getah pencernaan yang banyak
4.      Sebagai carminativuma atau laxans
5.      Untuk antioksidan
6.      Memberi efek psikologi bahwa obat tersebut kuat

B.     Teori Pembentukan

Dari pengertian saturasi yaitu obat minum yang direaksikan dari suatu asam dan suatu karbonat, dimana harus dijaga supaya cairan dijenuhkan dengan gas karbondioksida. Koefisien absorbsi dari gas karbondioksida besarnya kira-kira1.2, maka tiap obat minuman ini kira-kira mengandung 1ml CO2.
Pada pembuatan penjenuhan-penjenuhan, dikehendaki supaya baik asam maupun hidrogenkarbonat atau karbonatnya dicampurkan dalam keadaan larut kedua-duanya. Misalnya jika suatu penjenuhan harus dibuat dengan asam amigdalat dan natrium hydrogen karbonat harus dilarutkan. Pada umumnya air yang tersedia tidak cukup untuk melarutkan asam amigdalat, sehingga hanya dituangi dengan sisa air. Pada penambahan natriumhidrogen karbonat, asam amigdalat akan mudah larut.
Disini natriumhidrogen karbonat tepat sesuai dengan asam sitrat. Dari air yang tersedia, 70% dipakai untuk melarutkan natriumhidrogen karbonat (bagian basa) sedangkan sisanya 30% digunakan untuk melarutkan asam sitrat (bagian asam). Penambahan asam kepada basa untuk membuat larutan seberat-beratnya . Bagian asam akan lebih mudah turun melalui bagian basanya karena reaksi asam. Penambahan asam secara teratur dan botol harus digoyang-goyang terus-menerus. Jika hal ini tidak dilakukan maka didalam botol akan terbentuk dua lapisan yang akan bercampur. Hal ini akan menyebabkan banyaknya gas karbondioksida dan botol akan meledak.


C.     Bahan Penambahan Saturasi

Zat yang dilarutkan kebagian asam:
         Zat netral dalam jumlah kecil. Jika jumlah banyak, sebagian dilarutkan ke 30% bag. asam dan 70% ke bag. basa sesuai perbandingan jumlah airnya
         Zat yg mudah menguap, tincture
         Ekstrak dalam jumlah kecil
         Alkohol
         Sirop
         Codein
         Garam alkaloid

Zat yang dilarutkan kebagian basa:
         Garam dari asam yg sukar larut, misal Na benzoat, Na salisilat
         Garam NH4 dan K, jika ada asam tartrat, garam Ca jika ada citrat
         Jika saturasi mengandung asam tartrat, garam2 kalium dan amonium harus ditambahkan ke dalam bag. basanya, jika tidak, akan terbentuk endapan kalium atau amonium dari asam tartrat

         Zat seperti Phenobarbital Na dan Aminophilin meski dapat larut dalam bag. basa, tapi pada penambahan bag. asam  akan menyebabkan endapan, maka zat tsb tidak boleh dicampur dalam sediaan, tapi dipisah dibuat serbuk 

No comments:

Post a Comment