Thursday, July 16, 2015

penyimpanan perbekalan farmasi



Penyimpanan
Penyimpanan perbekalan farmasi di gudang harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain meliputi keamanan, tertib administrasi, dan memenuhi persyaratan secara farmasetis ditinjau dari sifat fisika dan sifat kimia bahan, yang harus disesuaikan dengan kondisi penyimpanan yang dibutuhkan. Penyimpanan harus disesuaikan dengan penggolongan perbekalan farmasi, tujuannya untuk memudahkan pengawasan dan penyaluran.
Penataan perbekalan farmasi di gudang farmasi disusun berdasarkan farmakoterapi, untuk film diatur berdasarkan ukurannya, sedangkan penyimpanan alat-alat kesehatan berdasarkan jenis dan alfabetis. Penyimpanannya antara lain:
1.        Perbekalan farmasi yang memerlukan penyimpanan dalam kondisi khusus diletakkan dalam ruangan yang dilengkapi dengan pengatur suhu dan kelembaban udara, yaitu di dalam lemari es dengan suhu 0-180C.
2.        Obat-obat yang termasuk golongan narkotik disimpan dalam lemari besi yang terkunci.
3.        Bahan yang mudah menguap dan terbakar, seperti aseton, eter, dan HCl, harus disimpan dalam cool storage dengan suhu 13-250C.
Unit Penyimpanan Perbekalan Farmasi Standar mempunyai 12 gudang penyimpanan, yaitu gudang X-ray film dan alat kedokteran, gudang alat laboratorium, gudang obat, gudang reagen, gudang gas medik, gudang bahan baku atau obat cair, gudang asam, gudang cairan infus, gudang antiseptik, 2 gudang alat kesehatan, serta gudang cool storage.
Tujuan penyimpanan di gudang-gudang yang berbeda adalah :
1.        Mempermudah pencarian barang di gudang
2.        Mempermudah menghitung jumlah persediaan
3.        Mempermudah pengawasan barang
4.        Mencegah kehilangan barang
5.        Mengantisipasi keadaan yang berfluktuasi dan menghindari kekosongan barang, karena apabila dilakukan penyimpanan pada gudang-gudang yang berbeda maka pengawasan akan ketersediaan barang akan lebih mudah dilakukan sehingga tidak terjadi penumpukan barang digudang yang akhirnya akan menghemat biaya pemesanan barang tersebut.
6.        Menjaga agar kualitas barang tetap dalam keadaan siap pakai
7.        Mempercepat pendistribusian

No comments:

Post a Comment