Thursday, July 30, 2015

STERILISASI MENURUT FARMAKOPE INDONESIA EDISI II



FARMAKOPE INDONESIA EDISI II
-          Cara A. Pemanasan dalam Autoclaf
Sediaan yang akan disterilkan diisikan kedalam wadah yang cocok, kemudian ditutup kedap. Jika volume dalam air tidak lebih dari 100 ml, sterilisasi dilakukan dengan uap air jenuh pada suhu 115o sampai 30 menit. Jika volume dalam tiap wadah lebih dari 100 ml, waktu sterilisasi diperpanjang, hingga seluruh isi dalam tiap wadah berada pada sushu 115o sampai 30 menit

-          Cara B. Pemanasan dengan bakerisida.
Sediaan dibuat dengan melarutkan atau mensuspensikan bahan obat dalam larutan Clorokresol PO, 2% b/v dalam air untuk injeksi atau dalam larutan kedalam wadah, kemudian ditutup kedap. Jika volume dalam tiap wadah tidak lebih dari 30 ml, panaskan pada suhu 98o  sampai 100o  selama 30 menit. Jika volume dalam tiap wadah lebih dari 30 ml, waktu sterilisasi diperjanjang, hingga seluruh isi dalam tiap wadah berada pada suhu 98o sampai 100o selama 30 menit. Jika dosis tunggal obat digunakan secara intravena lebih dari 15 ml, pembuatan tidak dilakukan dengan cara ini. Obat suntik yang diberikan secara intrateka, intrasisterna atau peridura tidak boleh dibuat dengan cara ini.

-          Cara  pengeringan
Larutan dinding melalui penyarign bakteri steril, kemudian ditutup kedap, larutan harus memenuhi sarat percobaan terhadap sterilitas

-          Cara D Pemanasan Kering
Larutan, emulsi atau suspensi dalam minyak atau dalam pembawa lain bukan air dimasukan kedalam wadah kemudian ditutup kedap atau penutupan ini dapat bersifat sementara untuk mencegah cemaran. Jika volume dalam tial wadah tidak lebih dari 30 ml, panaskan pada suhu 115o selama 2 jam. Jika volume dalam tiap wadah lebih dari 30 ml, waktu sterilisasi diperpanjang hingga seluruh isi tiap wadah berada pada suhu 150o selama 2 jam. Wadah yang ditutup kedap kemudian ditutup kedap.

-          Cara E. Aseptik
Jika larutan, emulsi, atau suspensi tidak tahan pemanasan pada suhu 150o, pemanasan dilakukan dengan cara aseptik, pembawa disterilkan dengan pemanasan kering pada suhu 150o selama 1 jam, Isikan segera larutan emulsi atau suspensi kedalam wadah steril, kemudian ditutup kedap. 

No comments:

Post a Comment