Wednesday, July 29, 2015

TEKNIK OPERASIONAL Automatic Hole Board



Automatic Hole Board
Pengujian menggunakan alat automatic holeboard  dilakukan untuk melihat aktivitas motorik dan rasa ingin tahu dari hewan percobaan yang terangsang susunan saraf pusatnya.
Alat Automatic Holeboard berupa kotak hitam dengan 16 buah lobang berdiameter 3 Cm yang tersebar simetris  dalam 4 lajur. Alat ini mempunyai dua sistem sensor yang digunakan untuk mendeteksi ke dua parameter tersebut di atas yaitu rasa ingin tahu dan aktivitas motorik. Sistem sensor pertama terdapat pada lantai dasat alat untuk mendeteksi parameter rasa ingin tahu hewan percobaan berupa jumlah jengukan kepala hewan secara sempurna melalui lobang pada dasar atas dari alat. Sistem sensor ke dua terdapat pada dasar lantai atas dari alat yang akan mendeteksi pergerakan hewan percobaan. Sensor ini membagi lantai atas menjadi 4 bagian yang simetris yang dapat mendeteksi pergerakan hewan percobaan menyusuri lantai yang dicatat sebagai parameter aktivitas motorik.
Pengamatan dilakukan dilakukan setelah hewan percobaan diberi larutan ekstrak yang dapat merangsang susunan saraf pusat hewan percobaan tersebut. Parameter rasa ingin tahu dan aktivitas motorik selama waktu tertentu akan tercatat secara otomatis melalui rekorder yang dipasang  pada alat. Pemberian obat-obat yang merangsan susunan saraf pusat akan meningkatkan  rasa ingin tahu dan aktivitas motorik dari hewan percobaan tersebut.

No comments:

Post a Comment