Thursday, July 16, 2015

metode observasi DRP



Metode Observasi
Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan tertentu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yang rasional, empiris dan sistematis. Rasional adalah cara yang masuk akal sehingga terjangkau oleh penalaran manusia, empiris adalah cara yang digunakan dapat diamati dengan indera manusia dan sistematis adalah proses penelitian menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.
Jenis penelitian dapat dikelompokkan menurut tujuan, pendekatan, tingkat eksplanasi, serta jenis data dan analisis. Menurut tujuan, penelitian evaluasi terhadap pelayanan farmasi di UPF IRJ ini merupakan penelitian terapan, yaitu penelitian yang diarahkan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Menurut metode yang digunakan, penelitian ini termasuk penelitian evaluasi, yaitu membandingkan suatu kejadian, kegiatan dan produk dengan standar dan program yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif berdasarkan metode eksplanasinya dan penelitian gabungan antara data kualitatif dan kuantitatif berdasarkan jenis data dan analisisnya.
Metode observasi untuk masing-masing parameter yang dievaluasi yaitu:
1.      Lembar pengumpul data untuk pengambilan sampel resep retro
a.       Kelengkapan resep (nama dokter, nama pasien, umur pasien, bentuk sediaan, kekuatan dan aturan pakai).
b.      Kesesuaian penulisan resep (nama generik, formularium rumah sakit, daftar plavon harga obat (DPHO), formularium jamkesmas dan formularium jamsostek).
c.       Ketersediaan obat berdasarkan permintaan UPF ke gudang unit penyimpanan perbekalan farmasi individu (UPPFI).
d.      Ketersediaan obat berdasarkan penulisan resep oleh dokter yang dapat dilayani oleh UPF.
e.       Identifikasi terhadap permasalahan-permasalahan yang digolongkan menjadi prescription related problem, administration related problem dan drugs related problem.
2.      Lembar pengumpul data untuk observasi langsung
Respons time diukur menggunakan stop watch (dalam satuan menit). Waktu pengukuran dimulai dari saat petugas memberikan nomor resep kepada pasien hingga saat pasien dipanggil untuk penyerahan resep.
3.      Lembar pengumpul data untuk survei
Indeks kepuasan pasien diukur berdasarkan hasil survei menggunakan instrumen kuesioner tipe close ended question kepada pasien yang sedang menunggu pelayanan farmasi di masing-masing UPF IRJ.

No comments:

Post a Comment