Thursday, July 16, 2015

Sistem Unit Dose Dispensing (UDD)



a)             Sistem Unit Dose Dispensing (UDD)
Unit Dose Dispensing (UDD) adalah suatu sistem distribusi obat kepada pasien rawat inap disiapkan dalam bentuk dosis terbagi siap pakai untuk pemakaian selama 24 jam. Sistem distribusi obat UDD merupakan tanggung jawab farmasis,  juga terkait dengan staf medis, perawat, dan administrasi.
Sistem pelayanan farmasi saat ini tengah diupayakan adalah sistem pelayanan farmasi satu pintu, dimana seluruh kebutuhan obat dan alat kesehatan dipenuhi oleh Instalasi Farmasi Rumah sakit sehingga dengan sistem ini diharapkan dapat mempermudah farmasis dalam pemantauan distribusi obat kepada pasien, menghindarkan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam peresepan seperti adanya duplikasi obat dan interaksi obat yang sering terjadi pada kasus poli farmasi, serta memudahkan dalam monitoring regimen dosis, efektivitas, dan ESO.
Obat diracik UDD dikemas dalam wadah kantong plastik dengan warna etiket berbeda untuk mempermudah perawat dalam memberikan obat sesuai waktu yang ditentukan dan untuk menghindari kesalahan dalam jadwal penyerahan obat. Untuk pemberian pagi (jam 06.00) diberi dengan etiket merah, siang (jam 14.00) diberi dengan etiket hijau, malam (jam 21.00) diberi dengan etiket kuning, dan pemberian di luar jam yang telah disebutkan diberikan dengan etiket putih. Dengan adanya sistem UDD ini Instalasi Farmasi dapat memberikan pelayanan kefarmasian yang berorientasi kepada pasien sehingga dapat meningkatkan kualitas terapi dan dapat mencegah terjadinya Drug Related Problems (DRPs) karena adanya pengawasan yang dilakukan oleh farmasis sebelum obat diserahkan ke pasien.



Resep yang ditulis oleh dokter selama satu hari disiapkan oleh petugas farmasi kemudian diserahkan kepada perawat. Berbeda dengan sistem UDD yang disiapkan per waktu pemberian, pada ODD perbekalan farmasi yang diserahkan kepada pasien merupakan kebutuhan selama 24 jam. Perbekalan farmasi yang termasuk ke dalam sistem ODD yakni cairan infus dan alat kesehatan.

 sistem distribusi perbekalan farmasi menggunakan sistem UDD (Unit Dose Dispensing). Sistem UDD merupakan sistem pendistribusian perbekalan farmasi dimana obat disiapkan dalam dosis terbagi untuk 24 jam. Sistem ini memiliki keuntungan berupa kemudahan dalam monitoring penggunaan obat baik secara administrasi maupun efikasi. Terdapat tiga macam etiket berdasarkan jadwal pemberian yaitu etiket merah untuk pagi hari, hijau untuk siang hari, dan kuning untuk malam hari. Etiket putih digunakan untuk obat oral dan obat yang diberikan diluar waktu ketentuan.

No comments:

Post a Comment