Tuesday, September 15, 2015

Dioscoraea (steroid saponin)



Dioscoraea
                Sekitar 600 spesies Dioscorea (Dioscoreaceae) diketahui dan sebagian di tanam di tempat luas yang telah ditentukan yang biasa disebut  yams yang mana ini merupakan sumber makanan penting untuk di banya belahan bumi. Spesies penting yang dapat di makan adalah dioscorea alata dan D.esculenta(Asia),D.rotundata dan D.cayenensis (Afrika) dan D.trifida (Amerika). Sejumlah spesies di akumulasi pada level tinggi, yang mana membuatnya berasa pahit  dan tidak dapat di makan, tapi ini menyediakan sumber daya yang cocok sebagai material steroid untuk obat buatan pabrik. Yang harus diperhatikan potensi racunnya. Berbeda dengan oksigen, semua kandungan memiliki stereokimia yang sama pada C-25(metil selalu equatorial), sambil adanya isomer-isomer pada C-22 seperti tomatine.
                Dioscoreas adalah tumbuhan herba, memajat, tanaman mudah gugur, kadang-kadang  akar umbi menonjol dari tanah. Beratnya sampai 5 kg. Tetapi pada beberapa spesies, akar umbi ini di simpan sampai mencapai berat 40-50 kg. Material obat didapat dari tanaman liar dan tanaman pertanian, dengan kumpulan tanaman dari tanaman liar yang telah di eksploitasi lebih dari tanaman pertanian. Hal ini kurang ekonomis, menghendaki 4-5 tahun periode pertumbuhan dan beberapa bentuk dari penopang  batang  memanjat. Kebanyakan dari produksi dunia datang dari mexico, dimana akar umbi dari D.composita (barbasco), D.mexicana dan D.floribunda, umumnya yang digunakan hasil panen dari tumbuhan liar. Kandungan saponin dari akar ini biasanya menyebabkan akar cepat tua. Jenisnya,akar dari D.composita mengandung 4-6% total saponin dan D.floribunda 6-8%.Sumber daya penting lainnya dari Dioscorea digunakan secara komersial termasuk di India (D.deltoidea),Afrika Selatan (D.sylvatica) dan China(D.colletti, D.pathaica, dan D.nipponica).
                Sapogenin diisolasi dari penumbukan akar umbi, agar bisa difermetasikan untuk beberapa hari, kemudian menyempurnakan hidrolisis dari saponin dengan memanaskan dengan air asam. Sapogeninn diekstraksi menggunakan pelarut. Sapogenin dasar pada spesies di atas adalah diosgenin (gambar 5.83) dengan jumlah kecil dari 25B primer yamogenin (gambar 5.84). Tawaran dari diosgenin untuk farmasi sangat besar,ekivalen dengan 10.000 ton dari akar dioscorea per tahun dan ditaksir kira-kira 60% dari semua obat-obat steroid yang diturunkan dari diosgenin.
                Serbuk discorea atau ekstraksi juga dipasarkan untuk mengatasi gejala  penuaan sebagai sebuah alternatif terhadap perpindahan kerja terapi hormon. Walaupun ada sebuah anggapan bahwa  hal ini meningkatkan jumlah progesteron, yang mana kemudian digunakan sebagai suatu prekusor biosintesa dari hormon lainnya, tidak ada bukti bahwa diosgenin di metaboisme pada tubuh manusia terhadap progesteron dan banyak efek penting lain yang dapat timbul dari diosgenin tesebut.

No comments:

Post a Comment