Wednesday, September 16, 2015

JAMU


Logo jamu:









Beberapa bahan kimia obat yang sering dicampur dengan jamu :

1. Antalgin.
Naproxen merupakan bahan dasar dari antalgin, obat anti radang non steroid yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan. Dampak buruk penggunannya paling sering terjadi pada saluran pencernaan, perdarahan dubur (anus), kelainanan darah berupa (haemolytic anemia, aplastic anemia dan agranulocytosis). Dampak buruk pada mata berupa keratopathy, pada ginjal berupa acut renal failure, renalpapillary necrotized, interstitial nephritis,dan hyperkalaemia. Reaksi terhadap kulit berupa erythema nodosum, lichenplanus dan toxic pustular skin eruption. Contoh Jamu yang dicampur antalgin: Runrah serbuk TR 98329811, Serbuk manjur Sehat Laki-laki TR 993204101, Super Rheumatik no 2.

2. Fenilbutason.
Adalah obat anti peradangan non steroid yang digunakan untuk ankylosig spondylitis, suatu bentuk penyakit degeneratif sendi pada tulang belakang. Dampak buruk seperti agranulocytosisi dan aplastic anemia. Dampak buruk pada saluran cerna berupa rasa eneq, muntah-muntah, epigastric distress, diare dan oedema sebagai akibat penyimpanan garam, erupsi kulit sementara, vertigo, sakit kepala dan penglihatan kabur. Reaksi yang lebih serius ditandai dengan adanya iritasi lambung dengan luka dan perdarahan, ulcerative stomatitius, hepatitis, haematuri, nephritis dan kegagaalan ginjal, pancreatitis, ocular toxicity dan goitre. Fenilbutason dapat menimbulkan kegagalan jantung dan sindrom paru akut dengan sesak nafas dan demam. Pembengkakan kelenjar ludah, asthma dan, lymphadenophaty, steven Johnson syndrome, toxic epidermal necrolysis dan exfoliative deramtitis. Ingat fenilbutason juga menimbulkan depresi sumsum tulang (bone marrow depression). Contoh jamu rematik yang dicampur fenilbutason : Sinar Manjur 99, Serbuk Manjur Sehat perempuan TR 993200871, Serbuk No.3/Pelangsing TR 983292081.

3. Deksametason

Adalah suatu glukcocorticoid yang diberikan secara oral. Dampak buruk dapat terjadi gastroduodenal perforation, pembentukan ulceration dan penipisan lambung. Terjadi penimbunan air secara berlebihan, muka menjadi gemuk (moon face). Dalam jangka panjang akan mengakibatkan gangguan fungsi ginjal,bahkan merusak ginjal. Contohnya: Merek Serbuk No.1 Gemuk TR 983292061.

4. Furosemid

Yang bersifat diuretic, kencing terus menerus sehingga kekurangan cairan (dehidrasi) Contoh : Pelangsing Susut Perut 151/3.

5. Teofilin
Umumnya digunakan untuk menghilangkan bronchospasme pada asthma. Dampak buruk, dapat menyebabkan iritasi saluran cerna dan rangsangan saraf pusat dapat menyebabkan mual, muntah, abdominal distress, diare, perdarahan, insomnia (susah tidur), pusing, lelah, sakit kepala, tekanan darah rendah, gemetar dan jantung berdebar-debar. Contohnya: Jamu Sesak Nafas dan Batuk Purba salam,dan Sesak nafas No.7 TR 993298351.

6. Piroksikam

Ditemukan dalam jamu daun Ajaib Cairan, Pegel Linu Flu Tulang Mustika Ginseng.

7. Sildenafil sitrat

Ditemukan dalam Jamu Benrexy kapsul TR 992398831.



Contoh jamu:
1. Air Mancur
PT Air Mancur, produsen jamu dan kosmetika cap Air Mancur. Karanganyar (Solo).

2. Antangin JRG
Obat masuk angin. Produksi Deltomed Laboratories.

3. Cipta Rasa
Jamu tradisional. Medan.

4. Jamu Borobudur
PT Industri Jamu Borobudur, pabrik jamu cap Borobudur. Semarang.

5. Jamu Iboe
PT Jamu Iboe Jaya. Surabaya.

6. Jamu Jago
PT Industri Jamu Jago, produsen aneka Jamu. Merek: Jago. Semarang.

7. Jamu Puspo
PT Jamu Puspo Internusa, produsen jamu dan obat herbal lainnya. Produk: Pacekap, Teh Noni, Kantor: Jakarta. Pabrik: Kebayoran Lama dan Majalengka.

8. Jamu Simona
PT Jamu Indonesia Simona, pabrik jamu cap Jamu Simona. Semarang.

9. Loka Gurah
Kapsul atau jamu gurah. Produksi CV Aziniwira Yasa Niaga, Bantul, Yogyakarta.

1 comment: