Thursday, September 17, 2015

metabolisme dan metabolit


Definisi Metabolit

Metabolisme adalah reaksi kimia yang berlangsung di dalam organisme hidup, dan merupakan reaksi yang sangat terkoordinasi, mempunyai tujuan, serta mencakup berbagai kerjasama dari banyak sistem multi enzim. Secara singkat, metabolisme adalah proses pembentukan metabolit. Metabolit adalah senyawa-senyawa organic yang dihasilkan dan terlibat  dalam  metabolisme.Metabolisme  memiliki empat fungsi  spesifik yaitu:

1.           Untuk memperoleh energi kimia dari degradasi makanan yang kaya energi dari lingkungan atau dari energi solar.
2.           Untuk mengubah molekul nutrisi menjadi prekursor unit pembangunbagi makrmolekul sel.
3.           Untuk menggabungkan unit-unit pembngunan ini menjadi protein, asam nukleat, lipid, polisakarida, dan komponen selainnya.
4.           Untuk membentuk dan mendegradasi biomolekul yang di perlukan dalam fungsi khusus sel.

Metabolisme terdiri dari dua proses yag berlawanan, keduanya berangsung  serempak.  Aspek metabolisme  yang  pertama  adalah anabolisme, yaitu proses sintesis makromolekul kompleks misalnya asam nukleat,  lipid,  dan  polisakarida  serta  penggunaan  energi.  Aspek metabolisme yag kedua adalah suatu proses yang berlawanan disebut katabolisme. Proses katabolisme merupakan proses penguaraian bahan organik kompleks menjadi bahan organik yang lebih sederhana atau bahan

anorganik dan menghasilkn energi, misalnya adenosin trifosfat (ATP) atau guanosine trifosfat (GTP).

Metabolit   adalah   hasil   dari   metabolisme.   Metabolit   dibedakan menjadi dua macam, yaitu metabolit primer dan metabolit sekunder.

Perbedaan Metabolit Primer dan Metabolit Sekunder Mikroorganisme Terdapat dua bentuk dasar metabolit mikroorganisme yang disebut metabolit primer dan sekunder. Metabolit primer merupakan salah satu yang    dibentuk    selama    fase    pertumbuhan    primer   mikroorganisme, sedangkan   metabolit   sekunder   merupakan   salah   satu  yang   dibentuk menjelang  akhir  fase pertumbuhan  primer  mikroorganisme,  seringkali menjelang atau fase stationer pertumbuhan.

Perbedaan metabolit primer dan metabolir sekunder (achmad, 1986)


Metabolit primer
Metabolit sekunder
Distribusi
Merata dalam tiap organisme
Tidak merata
Fungsi
Universal, antara lain sumber energi, pertumbuhan
Ekologis, antara lain penarik serangga, pertahanan.
Struktur kimia
Perbedaan kecil
Berbeda-beda
Fisiologi
Berkaitan dengan struktur kimia
Tidak berkaitan dengan struktur kimia

No comments:

Post a Comment