Thursday, September 17, 2015

Metabolit Primer dan sekunder



Metabolit Primer

Metabolit primer adalah suatu metabolit atau molekul yang merupakan produk akhir atau produk anatara dalam proses metabolisme makhluk hidup, yang funsinya sangat esensial bagi kelangsungan hidup organisme tersebut, serta terbentuk secara intraseluler. Contohnya adalah protein, lemak, karbohidrat, dan DNA.pada umumnya metabolit primer tidak diproduksi  berlebihan.  Pada  sebagian  besar  mikroorganisme,  produksi


metaboit yag berlebihan dapat menghambat pertumbuhan, dan kadang- kadang  dapat mematikan mikroorganisme  tersebut. Proses metabolisme tersebut untuk membentuk metabolit primer disebut metabolisme primer.

Mikroorganisme menghasilkan metabolit primer, misalnya etanol; dan metabolit sekunder, misalnya antibiotik. Metabolit primer diproduksi pada waktu yang sama dengan pembentukan sel baru, dan kurva produksinya mengikuti kurva pertumbuhan populasi secara paralel. Metabolit sekunder mikroorganisme  tidak  diproduksi  hingga  sel  mikroorganisme menyelesaikan secara lengkap fase pertumbuhan logaritmiknya, dikenal sebagai fase tropofase dan memasuki fase stasioner. Periode selanjutnya, ketika sebagian besar metabolit sekunder dihasilkan, disebut sebagai idiofase. Metabolit sekunder mikroorganisme dapat merupakan konversi dari metabolit primer mikroorganisme.

Ciri-ciri metabolit primer yaitu :
  1. Terbentuk melalui metabolisme primer
  2. Memiliki fungsi yang esensial dan jelas bagi kelangsungan hidup organisme penghasilnya (merupakan komponen esensial tubuh misalnya asam amino, vitamin, ukleotida, asam nukleat dan lemak)
  3. Sering berhubungan dengan pertumbuhan orgnisme penghasilnya
  4. Bersifat tidak spesifik (ada pada hampir semua makhluk hidup)
  5. Dibuat dan dismpan secara intraseluler
  6. Dibuat dalam kuantitas yang cukup banyak
  7. Hasil akhir dari metabolisme energi adalah etanol
Metabolit Sekunder


Metabolit  sekunder  diproduksi  oleh  mikroorganisme  setelah  fase pertumbuhan aktif telah berhenti. Zat tersebut biasanya tidak diperlukan


untuk metabolisme atau pemeliharaan sel tujuan penting. Meskipun tidak dibutuhkan untuk pertumbuhan, namun metabolit sekunder dapat pula berfungsi sebagai nutrisi darurat untuk bertahan hidup.

Fungsi metabolit sekunder bagi mikroorganisme penghasil itu sendiri sebagian besar belum jelas. Metabolit sekunder dibuat dan disimpan secara ekstraseluler. Metabolit sekunder tidak diproduksi pada saat pertumbuhan sel secara cepat (fase logaritmik) tetapi biasanya disintesis pada akhir siklus pertumbuhan sel, yaitu pada fase stasioner saat populasi sel tetap karena jumlah sel yang tumbuh sama dengan jumlah sel yang mati. Pada fase ini sel mikroorganisme lebih tahan terhadap keadaan ekstrm, misalnya suhu yang lebih panas atau dingin, radiasi, bahan-bahan kimia, dan metabolit yang dihasilkannya sendiri (antibiotik).

Ciri-ciri metabolit sekunder adalah :
  1. Dibuat mealui proses metabolisme sekunder
  2. Diproduksi selama fase stasioner 
  3. Fungsi bagi organisme penghasil belum jelas, diduga tidak behubungan dengan sintesis komponen sel atau pertumbuhan
  4. Dibuat dan disimpan secara ekstraseluler
  5. Hanya dibuat oleh spesies tertentu dan dalam jumlah terbatas
  6. Umumnya diproduksi oleh fungi filamemntus dan bakteri pembentuk spora
  7. Merupakan kekhasan bagi spesies tertentu
  8. Biasanya   berhubungan dengan aktivitas anti ikroba enzim spesifik, penghambatan, pendorong pertumbuhan, dan sifat-sifat farmakologis.
 
Manfaat Metabolit Primer dan Metaboit Sekunder dalam


Kehidupan

a.      Metabolit Primer


Metabolit dan metabolisme primer dibutuhkan untuk menunjang terjadinya pertumbuhan pada setiap organisme; oleh karena itu bersifat growth link.

b.     Metabolit Sekunder


Metabolit sekunder banyak bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lain karena banyak diantaranya bersifat sebagai obat, pigmen, vitamin ataupun hormone serta kebanyakan diantaranya adalah antibiotik. Contohnya adalah kloramfenikol dariStreptomyces venezuellae, Penicillin dariPenicillium notatum, dan papaverin yang dihasilan oleh Papaver sp.

No comments:

Post a Comment