Thursday, September 17, 2015

tanya jawab Metabolit primer dan Sekunder



PERTANYAAN

1.  Jelaskan alkaloid dan fungsinya ?

Jawab : Alkaloid adalah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat pada berbagai tumbuhan (tetapi ini tidak mengecualikan senyawa yang berasal dari hewan). Asam amino, peptida, protein, nukleotid, asam nukleik, gula amino dan antibiotik biasanya tidak digolongkan sebagai alkaloid. Dengan prinsip yang sama, senyawa netral yang secara biogenetik berhubungan dengan alkaloid termasuk dalam golongan ini. Fungsi alkaloid ini bermacam-macam diantaranya:

  1. sebagai racun untuk melindungi tanaman dari serangga dan binatang,
  2. sebagai hasil akhir dari reaksi detoksifikasi yang merupakan hasil metabolit akhir dari komponen yang membahayakan bagi tanaman,
  3. sebagai faktor pertumbuhan tanaman dan cadangan makanan.


2.  Golongan senyawa biosintesis ?
Jawab :
1.      Terpenoid (Sebagian besar senyawa terpenoid mengandung karbon dan hidrogen serta disintesis melalui jalur metabolisme asam mevalonat.) Contohnya monoterpena, seskuiterepena, diterpena, triterpena, dan polimer terpena.
2.      Fenolik (Senyawa ini terbuat dari gula sederhana dan memiliki cincin benzena, hidrogen, dan oksigen dalam struktur kimianya.) Contohnya asam fenolat, kumarina, lignin, flavonoid, dan tanin.
3.      Senyawa yang mengandung nitrogen. Contohnya alkaloid dan glukosinolat.


3.  Coba jelaskan tenteng jalur anabolisme dan katabolisme ?
Jawab : anabolisme yaitu proses pembentukan dari kecil ke besar. Sedangkan katabolisme senyawa kompleks memecah menjadi energi.


4.  Fungsi dari tiga jalur

Jawab : Jalur Asam Sikhimat

Metabolit sekunder yang disintesis melalui jalur asam shikimat diantaranya adalah Asam Sinamat, Fenol, Asam benzoic, Lignin, Koumarin, Tanin, Asam amino benzoic dan Quinon.

5.  fitoaleksin, senyawa pertahanan yang dapat diinduksi?
Jawab : Fitoaleksin adalah suatu senyawa anti-mikrobial yang dibiosintesis (dibuat) dan diakumulasikan oleh tanaman setelah terjadi infeksi darimikroorganisme patogen atau terpapar senyawa kimia tertentu dan iradiasi dengan sinar UV.Dari sel-sel rusak dan nekrotik (sel yang mati sebelum waktunya) akan dikeluarkan suatu zat yang berdifusi ke dalam sel sehat di sekitarnya sehingga muncul respon dari sel sehat berupa pengeluaran fitoaleksin. Fitoaleksin akan menjadi pertahanan tumbuhan saat terakumulasi/menumpuk dalam jumlah yang cukup untuk mencegah perkembangan patogen.


6.  Apa yang dimaksud dengan senyawa L-feniliain dan lainya ?
Jawab :senyawa ini berlangsung dalam mikroorganisme dan tumbuhan, tetapi tidak berlangsung dalam hewan, sehingga asam amino aromatik merupakan asam amino esensial yang harus terdapat dalam diet manusia maupun hewan.

No comments:

Post a Comment