Tuesday, September 15, 2015

Succus Liquiritiae OBAT BATUK

Succus Liquiritiae
   
1.      Nama lain : Sari akar manis, Glycyrrhizae succus

2.      Mekanisme kerja :  Ekstrak kering ini dibuat dari akar tumbuhan Glycyrriza glabra. Kandungan aktifnya adalah asam glisiri zinat (glycyrrhizm, sangat manis) dan aster asam glisiretinat (enoxolon, tidak manis). Glistrizinat menghambat suatu enzim yang mengkatalisa perubahan androtendion menjadi testosteron. Dalam hati zat ini dihidrolisa menjadi glisirenat yang berkhasiat mineralokortikoid (hormon anak ginjal DOCA) karena menghambat perubahan koltisol menjadi kortison. Efek DOCA lainnya adalah a.i retensi natrium dan air.  Kedua zat asam juga memiliki sifat-sifat ekspektoran dan anti radang lemah. Selain itu succus mengandung pula zat-zat esterogen liquiritin da flavonoida yang berkhasiat spasmolitis dan memperbaiki fungsi pelindung mukosa lambung.

3.      Indikasi : Sebagai obat tambahan pada tungkak lambung, terhadap tukak usus tidak efektis. Lagipula obat ini banyak digunakan sebagai obat batuk guna mempermudah pengeluaran dahak dan sebagai corrigens rasa.

4.      Dosis : Pada batuk 3dd 3g sirup, pada tukak lambung 3dd 800mg ekstrak

5.      Efek samping : Pada dosis besar (di atas 3g) berupa nyeri kepala, udema dan gangguan pada keseimbangan elektrolit tubuh karena efek DOCA-nya, juga dapat meningkatkan tekanan darah bila digunakan terus menerus seperti dalam bentuk gula-gula (“drop”). Succus yang telah dikeluarkan asam-asamnya, yakni succus deglycyrrhizinatus, tidak menimbulkan efek samping tersebut tetapi masih berguna untuk pengobatan tukak lambung

6.      Ekresi : Glistrizinat menghambat suatu enzim yang mengkatalisa perubahan androtendion menjadi testosteron .  Kedua zat asam juga memiliki sifat-sifat ekspektoran ,mempermudah pengeluaran dahak, corigen rasa.

Nama dagang :   
  • konidin 
    •  
 
  • Anakonidin

  • Laserin madu
 
  • Obh nellco spesia

No comments:

Post a Comment