Wednesday, September 9, 2015

PEMBUATAN TABLET CARA CETAK LANGSUNG



Cara Pencetakan Langsung
Cara pencetakan langsung merupakan cara yang paling sederhana, sebab tidak memerlukan peralatan untuk proses granulasi atau prosedur pengeringan seperti cara lain. Bahkan seringkali tidak memerlukan tambahan bahan pembantu tablet lainnya sebab zat khasiat yang dapat dicetak langsung menjadi tablet. Keuntungan yang utama suatu tablet cetak langsung berharga pada bahan obat peka terhadap lembab dan panas, dimana stabilitasnya terganggu melalui proses granulasi. Hanya sedikit bahan obat layak untuk komprimasi langsung tanpa pengolahan awal dan tanpa penambahan bahan pembantu. Zat khasiat yang dosisnya lebih kecil agar tablet tidak terlalu tipis dan mencegah terjadinya kerusakan pada permukaan pencetak. Keberhasilan suatu kerusakan menjadi tablet disebabkan terbentuknya gaya kohesi diantara partikel serbuk pada komprimasi serta mampu mengalir dengan bebas disamping kemampuannya sebagai pengikat kering. Hal tersebut tergantung kepada bahan obat dan struktur kristalnya, maka tekanan yang diperlukan untuk pembentukan pemampatan dengan karakteristik kekompakan yang sesuai berlainan.
Zat kristal kasar dapat lebih mudah dikomprimasi dari pada zat yang sangat halus. Zat khasiat yang dapat dicetak langsung adalah amonium bromida, kalium klorida, dan garam anorganiknya lainnya, selanjutnya serbuk tumbuhan dan ekstrak kering. Suatu pencetakan langsung mempunyai sedikit gaya ikatan antar partikel yang menyebabkan pembuatan tablet tanpa sifat kekompakan yang cukup seperti buruknya sifat aliran timbunan. Persayaratan untuk tablet langsung diberikan melalui perubahan sifat butiran., melalui penambahan bahan pembantu, dan perlengkapan mesin cetak. Perubahan struktur butiran melalui cara cetak seringkali berhasil untuk mencapai persyaratan pencetakan tanpa granulasi. Ukuran butir partikel 0,5 – 1 mm terlihat paling optimal. Bentuk kristal juga mempengaruhi proses komprimasi.
Kristal kubus terbukti memberikan hasil yang baik. Bahan pembantu sebagai bahan pengisi yang sering digunakan pencetakan tablet langsung adalah avicel, vivacel, selutab, laktosa, manitol, kalsium sulfat pregranulasi, turunan selulosa koloida silika yang juga digunakan sebagai glidan. Cara pencetakan langsung ini akan menghasilkan tablet-tablet yang waktu hancurnya ataupun disolusinya cepat, sebab tidak ada koloida pelindung dari bahan pengikat.
Keuntungan dari metoda cetak langsung ini yaitu :
-          Lebih ekonomis karena validasi proses lebih sedikit.
-          Lebih singkat prosesnya.
-          Dapat digunakan untuk zat aktif yang tidak tahan panas atau tidak tahan lembab.
-          Waktu hancur dan disolusinya lebih baik karena tiak melewati proses granul, tapi langsung menjadi partikel.


Kerungian dari metoda ini diantaranya :
-          Perbedaan ukuran partikel dan kerapatan bulk antara zat aktif dengan pengisi dapat menimbulkan stratifikasi diantara granul selanjutnya dapat menyebabkan kurang seragamnya kandung zat aktif di dalam tablet.
-          Zat aktif dengan dosis yang besar tidak mudah untuk dikempa langsung, karena itu biasanya digunakan 30% dari formula agar memudahkan proses pengempaan sehingga dibutuhkan makin banyak dan mahal.
-          Sulit dalam pemilihan eksipien.

No comments:

Post a Comment