Thursday, July 16, 2015

Ward Floor Stock



Ward Floor Stock adalah tatanan kegiatan distribusi sediaan obat oleh IFRS di ruangan untuk memberikan pelayanan kefarmasian secara cepat dengan menyediakan obat dan alat kesehatan dengan jenis spesifik dan jumlah tertentu sesuai kebutuhan pasien untuk tiap ruangan.
Perbekalan farmasi yang tersedia di ruangan antara lain emergency kit dan alkes. Sistem distribusi Ward Floor Stock dengan sistem pinjam pakai digunakan di ruang resusitasi karena pasien dalam kondisi tidak stabil sehingga semua kebutuhan obat dan alat kesehatan harus disediakan dengan cepat. Pasien yang memerlukan obat-obatan secara cepat dapat diambilkan dari persediaan obat WFS. Pengelolaan perbekalan farmasi di ruang resusitasi dilakukan oleh petugas farmasi.


Sistem WFS adalah sistem pendistribusian obat dengan menyimpannya dalam jumlah yang cukup di ruangan sehingga dapat digunakan dengan segera ketika pasien memerlukannya. Obat yang didistribusikan dengan sistem WFS adalah obat-obat emergency kit. Sistem distribusi ini disesuaikan dengan tingkat kebutuhan akan obat-obat emergency kit yang sifatnya kondisional dan mendesak, sehingga proses penggunaan obat untuk pasien menjadi lebih singkat. Evaluasi jumlah obat emergency kit dilakukan oleh petugas UPF setiap 3 hari sekali.

No comments:

Post a Comment