Saturday, June 27, 2015

magnesium sulfat



MAGNESIUM SULFAT
Kategori farmakologi  : antikonvulsan, suplemen elektrolit (parentral)
Indikasi                       : pengobatan dan pencegahan hipomagnesemia, pencegahan dan pengobatan kejang pada preklamsi atau eklamsi berat, pediatric akut nefritis, pengobatan cardiac aritmia yang disebabkan oleh hipomagnesemia.
Kontraindikasi            : hipersensitif terhadap komponen obat, myocardiac demage.
Efek samping              : pada efek fungsi neuromaskuler dapat terjadi pada pasien yang sakit neuromaskuler ( misalnya myastania gravis), pada cardiovaskluer hipotensi dan vasodilatasi. Gastrointestinal : diare.
Mekanisme kerja         : secara parenteral magnesium menurunkan asetilkolin pada saraf motorik terminal dan aktivitasnya pada miokardium dengan menurunkan impuls nodus SA rata-rata dan memperpanjang waktu konduksi. Magnesium juga dibutuhkan pada pertukaran kalsium, natrium dan kaliumdi dalam dan diluar sel sehingga menstabilisasi exitabilitas membrane.
Farmakokinetik           : onset antikonvulsan : i.m. 1 jam. Durasi antikonvulsan : i.m 3-4 jam iv 30 menit. Distribusi : tulang ( 50 – 60 %) cairan ektrasel  1-2 %, ikatan protein : 30 % dengan albumin. Ekresi : urin
Dosis                           ; Pre eklamsi berat : dewasa ; i.v 4- 5  gram infuse diikuti dengan  1 – 2 gram/jam infuse atau dapat diikuti 4 – 5 gram i.m. setiap 4 jam , maksimum 40 gram/24 jam.

No comments:

Post a Comment