Sunday, June 28, 2015

SUKRALFAT



SUKRALFAT
Komposisi                :  Sukralfat suspensi 500 mg/5 ml
Indikasi                    : Benign Gastric, tukak duodenal, gastritis kronis, Profilaksis tukak akibat stres.
Dosis                        : Pengobatan Tukak duodenal : 1 gram per oral sehari empat kali atau 2 gram sehari dua kali selama 4-8 minggu. Perawatan Tukak duodenal : 1 gram per oral sehari dua kali. Perawatan Tukak peptik : 1 gram per oral sehari dua kali. Profilaksis tukak akibat stres : 1 gram secara nasogastrik atau per oral setiap 6 jam.
Farmakokinetika     :  
  • Absorpsi : setelah pemberian oral, sukralfat diabsorpsi dalam jumlah kecil dari saluran cerna, kemungkinan disebabkan karena polaritas yang tinggi dan kelarutan yang rendah dari Sukralfat pada saluran cerna. 
  • Bioavailabilitas oral (lokal) : komponen disakarida 5%, aluminium < 0.02%
  • Distribusi : distribusi ke dalam jaringan dan cairan tubuh setelah absorpsi sistemik belum ditentukan. Studi pada hewan, volume distribusi kurang lebih 20% dari berat badan
  • Ekskresi : Sukralfat bereaksi dengan asam klorida dalam saluran cerna, membentuk sukrosa sulfat yang tidak dimetabolisme.
Efek samping           : Konstipasi (paling sering, sekitar 2%, mual, muntah, kembung, mulut kering, gatal-gatal, sakit kepala, insomnia, diare (sangat jarang, < 1%)
Interaksi Obat          : Absorpsi obat berikut berkurang bila digunakan bersamaan: Utama : Ciprofloxacin, Cimetidine, Ranitidin, Digoxin, Ketoconazole, Teofilin, Fenitoin, Tetrasiklin. Penggunaan obat-obatan tersebut di atas sebaiknya dilakukan pada 2 jam sebelum atau sesudah pemberian Sukralfat
Informasi Pasien     : Diminum dalam keadaan perut kosong, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan dan sebelum tidur malam.
Mekanisme Aksi      : Sukralfat bekerja dengan cara melindungi mukosa dari serangan asam pepsin pada tukak lambung dan duodenal setelah membentuk kompleks dengan eksudat yang bersifat protein seperti albumin dan fibrinogen pada lokasi tukak. Pada kondisi yang lebih ringan, Sukralfat membentuk viscous sehingga memberikan perlindungan pada permukaan mukosa lambung dan duodenum.

No comments:

Post a Comment