Sunday, June 28, 2015

Vit K



Vit K
Komposisi
Phytomenadion 10 mg/ml

Indikasi
Profilaksis dan pengobatan perdarahan pada neonatus, hipoprotrombinemia. Prefarat vitamin K diindikasikan bagi semua keadaan defisiensi vitamin K. juga digunakan sebagai antidote pada dosis berlebih antikoagulansia, seperti misalnya fenprokumon.

Fisiologis
Vitamin K diperlukan untuk sintesis factor II, VII, IX dan X dalam hati. Kerjanya yaitu sebagai koenzim pada γ-karboksilasi rantai samping yang mengandungasam glutamate. Bentk sesungguhya yang berkhasiat dari vitamin K dalah turunan hidrokuinonnya, yang pada γ-karboksilasi dari asam glutamate dioksidasi menjadi vitamin K-2,3-epoksida dan oleh epoksidreduktase dengan NADH sebagai koenzim akan digenerasi lagi.

Defisiensi vitamin K
Defisiensi vitamin K jaran terjadi, selama vitamin K yang masuk bersama makanan dapat diabsorbsi. Akan tetapi absorbsi vitamin K, seperti juga vitamin larut lemak lainnya dan lemak sendiri bergantung pada adanya empedu dalam usus, artinya absorbsi tidak terjadi, jika aliran empedu ke usus tdak mungkin atau sangat terhalang.

Dosis
5 – 10 mg IM. Orang dewasa mendapat sebagai terapi subsitusi 10-30 mg per hari secara oral. Hanya pada pendarahan yang membahayakan jiwa akibat dosis berlebih antikoagulansia, dapat ditambahkan pemberian iv disamping pemberian factor pembekuan (bahaya adanya keadaan seperti syok). Pada bayi yang baru lahir diberikan 1-2 mg vitamin K1 selama 2-3 hari.

Peringatan
tidak untuk injeksi IV

Efek samping
Hiperbilirubinemia jika terjadi overdosis, reaksi hipersensitivitas termasuk syok anafilaktis dan kematian

Mekanisme kerja
Memelihara konsentrasi protrombin plasma darah normal. Phytomenadion bekerja untuk waktu lama dan onset cepat.

No comments:

Post a Comment