Sunday, June 28, 2015

Zink



 Zink
Komposisi : Tiap tablet dispersibel mengandung zinc sulfate 54,9 mg setara dengan zinc 20 mg.
Cara Kerja
  • Pengobatan diare bersama oralit bertujuan untuk mencegah atau mengobati dehidrasi dan untuk mencegah kekurangan nutrisi.
  • Pemberian zinc bersama oralit sesegera mungkin setelah terjadi diare akan mengurangi lama dan tingkat keparahan dari dehidrasi
    Setelah diare berhenti, berikan zinc secara kontinyu untuk mentgantikan kandungan zinc yang hilang. Resiko anak akan mengalami diare kembali dalam waktu 2 - 3 bulan ke depan dapat berkurang
Indikasi
Zinc 20 mg merupakan pelengkap untuk pengobatan diare pada anakanak di bawah 5 tahun, diberikan bersama larutan oralit.

Dosis
  • Bayi2 - 5 bulan: % tablet dispersibel (zinc l0 mg) diberikan setiap hari selama l0 hari berturut-turut (bahkan ketika diare telah berhenti).
  • Anak 6 bulan - 5 tahun : I tablet dispersibel (zinc 20 mg) diberikan setiap hari selama | 0 hari berturut-turut (bahkan ketika diare telah berhenti). Jika terjadi muntah setelah pemberian obat,berikan lagi obat yang masih baru.
Perhatian
Cara Penggunaan
·         Letakkan tablet pada sendok 5 ml
·         Tambahkan air minum hangat secukupnya (atau ASI)
·         Biarkan tablet terlarut (sekitar 30 detik).
·         Berikan pada anak.
Peringatan dan Perhatian
            Tidak ada peringatan khusus pada penggunaan zinc sulfate dalam dosis ini. Selama diare masih berlangsung,selain diberikan suplemen zinc, juga diberikan oralit. Para ibu menyusui dianjurkan untuk tetap menyusui atau meningkatkan frekuensi menyusui pada anak selama dan setelah diare.
Interaksi Obat :
Jika diberikan bersamaan dengan zat besi, direkomendasikan untuk memberikan zinc terlebih dahulu yaitu beberapa jam sebelum memberiKan zat besi. Diberikan bersamaan dengan zat besi, direkomendasikan untuk memberikan zinc terlebih dahulu yaitu beberapa jam sebelum memberiKan zat besi.

No comments:

Post a Comment