Friday, June 26, 2015

lansoprazol



  LANSOPRAZOL
Komposisi                : lansoprazol 30 mg
Indikasi                    : Benign gastric ulcer, tukak duodenal, tukak lambung akibat NSAID, Zollinger-Ellison Syndrome, refluks gastroesofageal, dispepsia
Dosis                        : 30 mg sekali sehari pada pagi hari selama 4 minggu, dilanjutkan 4 minggu lagi jika belum sembuh total, profilaksis : 15 – 30 mg sekali sehari.
Farmakokinetik       : Lansoprazol tidak stabil pada pH asam sehingga dibuat dalam bentuk granul salut enterik dengan pelepasan yang tertunda (delayed-release). Absorpsi : Lansoprazol cepat diabsorpsi di sistemik setelah pemberian per oral, dengan konsentrasi plasma puncak dicapai setelah 1,5 jam. Bioavailabilitas lebih dari 80%, adanya makanan dapat menurunkan absorpsi. Distribusi : volume distribusi (sistemik) 0,5L/kg.  97% terikat plasma protein. Metabolisme : hepatik. Ekskresi : sistemik : biliary / fecal : 2/3; ginjal 14-25%, kurang dari 1% dalam bentuk tidak berubah. Waktu paruh eliminasi pada dewasa 1,5 jam, pada geriatrik 1,9-2,9 jam
Kontra Indikasi        : Hipersensitivitas terhadap lansoprazol
Efek samping           : Efek samping yang umum / paling sering muncul yaitu nyeri abdomen, diare, mual, sakit kepala, kemerahan pada kulit. Efek samping yang lain meliputi gatal, pusing, konstipasi, mual, muntah, kembung, nyeri pada perut / abdomen, mulut kering.
Interaksi Obat          : Antacid dan sukralfat mengurangi bioavailabilitas Lansoprazol dan sebaiknya tidak diminum dalam waktu 1 jam setelah pemberian Lansoprazol.
Interaksi Makanan  : adanya makanan dapat menurunkan absorpsinyaih baik di pagi hari
Informasi Pasien     : diminum 30 menit sebelum makan, leb
Mekanisme aksi       : Lansoprazol merupakan penghambat pompa proton yang selektif dan irreversible. Dalam lingkungan asam di sel parietal lambung, Lansoprazol dikonversi menjadi turunan sulfenamid aktif yang terikat dengan gugus sulfhidril dari (H+, K+)-ATPase, yang juga dikenal sebagai pompa proton. Hambatan Lansoprazol pada (H+, K+)-ATPase menyebabkan hambatan sekresi asam lambung. Efek penghambatan ini terkait dengan dosis.

No comments:

Post a Comment