Tuesday, June 30, 2015

Evaluasi Sirup

Evaluasi Sirup
1)      Pemeriksaan penampilan
Meliputi pemeriksaan visual yaitu bebas dari kerusakkan, dari kontaminasi  bahan baku atau dari pengotoran saat proses pembuatan.
2)      Kejernihan
Lakukan dengan menggunakan tabung reaksi alas datar diameter 15mm hingga 25mm, tidak berwarna, transparan, dan terbuat dari kaca netral.masukan ke dalam 2 tabung reaksi dengan masing2 larutan zat uji dan suapensi padanan yang sesuai secukupnya.yang dibuat segar  dengan cara seperti tertera dibawah sehingga volume larutan dalam tabung reaksi terisi setinggi tepat 40mm.bandingkan kedua isi tabung setelah 5 menit pembuatan suspensi padanan dengan latar belakang hitam.pengamatan di lakukan di bawah cahaya yang terdifusi, tegak lurus ke arah bawah tabung.difusi cahaya harus harus sedemikian rupa sehingga suspensi padanan I dapat langsung dibedakan dengan air dari suspensi padanan II.
3)      Viskositas dan sifat alir
  • Pengukuran kekentalan yang umum digunakan pengukuran kekentalan meliputi penetapan waktu yang dibutuhkan oleh sejumlah volume tertentu cairan untuk mengalir melalui kapiler yang sering digunakan  adalah viskositas oswald dan ubbelohde.
  • Viskositas tipe oswold. Isi tabung dengan sejumlah tertentu (atur pada suhu 20 ± 0,1) atur meniskus cairan dalam tabung kapiler hingga garis graduasi terbatas dengan bantuan tekanan atau penghisapan. Buka kedua tabung pengisi bebas ke dalam wadah melawan tekanan atsmosfer (catatan kegagalan membuka salah satu tabung akan menyebabkan kesalahan pengamat/catat waktu dalam detik yang diperlukan cairan untuk mengalir dari batas atas hingga batas bawah dalam tabung kapiler)
  • Viskometer tipe ubbelahde. Masukan sejumlah minyak kedalam tabung pengisi (atur pada suhu 20 ± 0,1) dan pindahkan ke tabung kapiler dengan pengisapan perlahan dan hati-hati untuk mencegah terbentuknya gelembung udara dalam cairan yang menutup lubang udara tabung dan tabung kapiler agar cairan udara dapat mengalir bebas kedalam wadah melawan tekanan atsmosfer, catat waktu dalam detik yang diperlukan cairan untuk mengalir dari batas atas hingga batas bawah dalam tabung kapiler.
Perhitungan:
Tabung konstan viskometr (K), dengan rumus :
K=V/dt
V=kekentalan cairan yang diketahui dalam sentipoise
d=bobot jenis cairan uji
t=waktu mengalir cairan dalam detik, dari batas atas hngga bata bawah dalam tabung kapiler
  • Jika viskositas diperbaiki maka harus di kalibrasi ulang karena perbaikan sering kali menyebabkan perubahan bermakna pada konstanta
4)      Tingkat keasaman
Harga pH adalah harga yang diberikan oleh alat potensiometric (pH meter) yang sesuai, yang telah dibakukan sebagaimana mestinya yang mampu mengukur pH sampai 0,05 unit Ph menggunakan hidrogen, elektroda dan elektroda pembanding yang sesuai seperti elektroda kalomel/eletroda perak klorida. Alat harus mampu menunjukkan potensial dari elektroda dan untuk pembukuan pH menggunaka potensial yang dapat diatur kesirkuit pembekuan-nol asimetri/kalibrasi dan harus dapat mengontror dalam milivolt perubahan unit pada pembacaan pH melalui kendali, suhu. Pengukuran dilakukan pada suhu 20°±2° kecuali dinyatakan lain dalam masing-masing monografi. Skala pH ditetapkan dengan persamaan:
pH=pHs +(E-Es)/k
E dan Es adalah potensial terukur dengan sel galvorak berisi larutan uji dinyatakan sebagai pH dan larutan dapar untuk pembakuannya yang tepat dinyatakan senagai pHs.harga k perubahan dalam potensial unit pH.
5)      Bobot jenis
Didasarkan pada perbandingan bobot zat diudara pada suhu 25°t terhadap bobot air dalam volume dan suhu yang sama.bila suhu ditetapkan dalam monografi, bobot janis adalah perbandingan bobot zat diudara pada suhu yang telah ditetapkan terhadap bobot air dengan volume dan suhu yang sama.bila pada suhu 25°t tidak terbentuk padat, tetapkan bobot jenis pada suhu yang tertera pada masing-masing monografi dan mengacu pada air pada suhu 25°c.
Prosedur:
Gunakan piknometer bersih, keringkan dan telah dikalibrasi dengan menetapkan bobot piknometer dan bobot air yang baru didihkan pada suhu 25° ukur hingga suhu zat uji lebih kurang 25°, masukkan kedalam piknometr atur suhu piknometer setelah diisi hingga suhu 25°t.buang kelebihan zat uji dan timbang.kurangkan bobot piknometr kosong dengan piknometer yang telah diisi.bobot jenis suatu zat adalah hasil yang diperoleh dengan membagi bobot zat dengan bobot air dalam piknometer kecuali dinyatakan lain dalam monografi keduanya ditetapkan pada suhu 25°C.

6). Penetapan Kadar Zat Aktif dalam Sediaan Sirup
     Karena sirup merupakan produk sediaan yang larut dalam air, maka penetapan kadar  zat aktif yang terkandung di dalamnya dapat ditentukan dengan titrasi sesuai dengan monografi masing-masing zat aktif.


No comments:

Post a Comment