Monday, June 29, 2015

tanya jawab herbal medicine



  1. Pengertian herbal medicine
    • Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (gelenik) atau campuran dari bahan tersebut secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman (UU N0. 23 tahun 1992 tentang kesehatan).
  2. Pengertian  simplisia
    •  Simplisia ialah bahan alamiah yang dipergunakan sebagai obat yang belum mengalami pengolahan apapun juga dan kecuali dinyatakan lain, berupa bahan yang telah dikeringkan (meteria medika indonesia).
    • Simplisia adalah bahan ilmiah yang dipergunakan sebagai obat, yang belum mengalami pengolahan apapun juga dan kecuali dinyatakan lain, berupa bahan yang telah dikeringkan (parameter standar umum ekstrak tumbuhan obat).
  3. Pengertian herbs
    • Herbs adalah bagian tanaman seperti daun, bunga, buah, biji, batang, kayu, kulit kayu, akar rimpang atau bagian tanaman lainnya, dan mungkin juga keseluruhan bagian tanaman, yang sudah diolah atau berbentuk bubuk (WHO).
  4. Apakah simplisia termasuk herbs?
    • Ya, termasuk.
  5. Pengertian jamu
    • Jamu adalah obat tradisional Indonesia (Peraturan Kepala BPOM RI No. HK.00.05.41.1384 tahun 2005).
    • Jamu adalah obat tradisional indonesia yang dibuat berdasarkan pengalaman empiris dan belum mengalami uji praklinis dan uji klinis.
  6. Pengertian herbal terstandar
    • Obat herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah distandarisasi (Peraturan Kepala BPOM RI No. HK.00.05.41.1384 tahun 2005).
    • Herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah di standarisasi (www.wordpress.com).
  7. Pengertian fitofarmaka
    • Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik, bahan baku dan produk jadinya telah distandarisasi (Peraturan Kepala BPOM RI No. HK.00.05.41.1384 tahun 2005).
    • Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik, bahan baku dan produk jadinya telah di standardisasi (www.wordpress.com).
  8. Pengertian nourishing herbs dan contoh (1 buah)
    • Nourishing herbs adalah herbal bergizi yang dianggap sebagai herbal yang paling aman karena hampir tidak mengandung alkaloid, glikosida, resin dan minyak yang bersifat racun. Nourishing herbs biasa kita jumpai dalam menu makanan sehari-hari.
    • Contoh: Delima (Punica granatum L.) yang mengandung tanin sebagai antivirus (herpes virus (HSV-2) (zhi, 1995)
  9. Pengertian medicinal herbs dan contohnya (1 buah)
    • Medicinal herbs adalah herbal yang berkhasiat sebagai obat, namun sangat tidak lazim untuk dimakan.
    • Contoh: sambung nyawa Gynura sarmentosa D C yang mengandung flavonoid (7,3,4 trihidroksi-flavon) untuk mengobati gangguan fungsi hati. (ulfa, 2008)
 

4 comments:

  1. Kalau kelebihan dan kekurangan obat herbal apa ya Kak? Terus kenapa sebagian besar orang yang mengkonsumsi obat herbal menolak untuk melakukan vaksinasi? Terimakasih Kak 😊

    ReplyDelete
  2. http://www.herbsnaturaly.cf

    ReplyDelete
  3. http://www.herbsnaturaly.cf

    ReplyDelete
  4. Hi it's laa! 9 months ago my doctor told me I was diagnosed with herpes. I was heart broken, However that same month i found a Dr. who helped me to cured the virus with natural herbal treatment permanently. thanks to Dr. omohan for his natural herbal treatment that eliminated this virus out in my body forever. his contact information for any incurable virus via; dromohanherbalmedicine@gmail.com or whatsapp him or call him through his phone number +2348164816038.    

    ReplyDelete