Tuesday, August 25, 2015

METODE ANALISIS ANTIBIOTIKA



METODE ANALISIS ANTIBIOTIKA


Bila suatu zat  yang sama sekali tidak diketahui, diberikan kepada seorang analisis, persyaratan pertama adalah memastikan zat-zat apa saja yang terdapat dalam contoh tersebut. Masalah mendasar yang sering ditemui adalah ketidakmurnian yang terdapat dalam contoh tersebut. Pemecahan permasalahan semacam ini dapat dilakukan dengan analisis senyawa tersebut.
Antibiotika sering digunakan sebagai bahan obat yang bertujuan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan suatu mikroorganisme penyebab penyakit pada manusia.. Dalam sediaan obat, antibiotika tersebut hampir selalu bercampur dengan zat pembawa seperti zat pembawa anorganik, organik, bahan dasar salep dan larutan pembawa. Selain itu penggunaan antibiotika dengan kadar atau dosis yang tidak  diawasi dapat menimbulkan sutu sifat tidak terganggunya kehidupan sel mikroorganisme pada pemberian kadar atau dosis yang diberikan.
Metode analisis antibiotika bertujuan untuk menganalisis jenis dan kadar suatu antibiotika, sehingga dapat efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit tersebut. Maka dilakukanlah suatu metoda analisis antibiotika dalam rangka pengawasan terhadap pencegahan terjadinya sifat resistensi mikroorganisme tersebut.

No comments:

Post a Comment