Monday, September 14, 2015

Ethnobotani



Ethnobotani
Menurut ahli ethnobotani, data ethnobotani adalah jarak atau luas persebaran informasi yang mereka kumpulkan tentang interaksi masyarakat lokal dengan lingkungan alamiahnya. Data dicatat dalam bentuk yang berbeda, diantaranya :
·         Koleksi tanaman dan hewan
·         Catatan wawancara
·         Analisa laboratorium foto-foto
·         Survey pasaran, dsb
Data tersebut merupakan koleksi dari informasi yang dikumpulkan dalam suatu cara yang sistematik.
Sebelum mempersiapkan suatu kumpulan data, kita hrs menentukan subjek ketertarikan, atau membatasi masalah contoh: kita memilih hanya mempelajari tanaman obat utk sakit perut disuatu daerah.
Keuntungan kita mengumpulkan data secara sistematik  antara lain: kita bisa menyimpulkan data tsb, peneliti lain bisa menganalisa kembali atau mencari data lain yang sama ditempat lain, kita bisa melihat apakah observasi kita terpakai sbg alat komunikasi: utk semua sistem pertanian tradisional atau utk semua org diseluruh dunia.
Sulitnya mengumpulkan suatu data ethnobotani yang lengkap, maka dapat dikerjakan dengan langkah-langlah berikut :
·         Tentukan dengan lengkap ruang lingkup studi
·         Pilih teknik yang akan digunakan dan pilih sub sampel dari org yang berpartisipasi
·         Kita hrs mencatat hanya sebagian kecil tanaman
·         Studi laboratorium dibatasi dengan membuat pertanyaan-pertanyaan tertentu
Langkah penting lainnya dalam mengumpulkan data set adalah mengkatagorikan dan mengukur pengetahuan lokal dan manajemen lingkungan.
Pengkategorian adalah cara dimana sesuatu dibedakan pada kelas. Kelas yang berbeda spt tipe tanah, bentuk daun, kategori etnik. Selanjutnya gambarkan cara masyarakat mendeskripsikannya dalam sudut pandang dan mengklasifikasikannya dalam bahasanya sendiri. Supaya cepat, lebih baik mengetahui nama daerah dan penyakit ketika mewawancarai masyarakat tentang tanaman obat utk memberikan tipe dan gambaran koalisi pada obat-obatan. 

No comments:

Post a Comment