Monday, September 14, 2015

TRITERPEN LAINNYA



TRITERPEN LAINNYA
  1. Cucurbitacin
Cucurbitacin merupakan triterpen tetrasiklik yang dicapai melalui rearrangement dari protastan. Mereka bersifat tidak jenuh dan mempunyai banyak fungsi, mereka terdiri dari sembilan atom oksigen, umumnya berada dalam bentuk glikosidanya, dan khususnya terdapat dalam famili Cucurbitaceae. Senyawa ini bersifat toksik ( LD50 pada mencit mendekati 1mg/kg dengan pemberian secara IP ), berasa pahit, bersifat sitotoksik, dan ditambahkan pada obat karena mempunyai efek purgative : biji Colocynth ( Citrullus colocynthis [L] Schard ), jus buah mentimun liar ( Ecballium elaterium [L] A. Rich ) dan akar Bryony ( Bryonia cretica dan spesies lainnya ) juga berkhasiat sebagai pencahar/purgative. Walaupun obat ini telah lama ditinggalkan sebagai allopati dan fitoterapi seperti byony tetapi masih digunakan sebagai homeopati.
Cucurbitacin juga telah diisolasi dari tumbuhan lain seperti Gratiola ( Gratiola officinalis L., Scrophulariaceae );  mereka  dijelaskan mempunyai efek sebagi pencahar dan emetic tetapi pada saat sekarang ini tidak dipakai lagi.

BRYONY
Bryonia cretica L. subsp.dioica (Jacq) Tutin, Cucurbitaceae
Tanaman toksik ini merupakan tumbuhan perennial yang memiliki panjang dahan 5 m dengan daun yang lebar yang dipenuhi oleh rambut kasar, dan sulut\r yang memudahkan untuk memanjat pohon tersebut. Akarnya, dahulu digunakan sebagai purgative, yang mengandung cucurbitasin glkioksida, termasuk bryodulcosida, bryosida, bryonosida, cucurbitasin L, bryoamaride, dan bryodiosida A-C. semua bagian tumbuhan ini toksik, namun demikian kandungan kimianya tidak diketahui seperti pada akar. Jika terkena kulit, akar segar akan menyebabkan kulit kemerahan, iritasi dan bengkak pada kulit. Keracunan oleh buah ( < 10 untuk anak-anak ) akan menyebabkan mual, sakit perut, diare, dan pada kasus lain daapt menyebabkan agitasi. Bryony diterangkan dalm farmakope Prancis ( edisi X,. IV.7.b ), merupakan spesies yang setelah dievaluasi rasio manfaat dan kerugiannya menunjukkan hasil yang negative. Pada saat sekarang ini penggunaan satu-satunya dari zat ini adalh sebagai Homeopati. Di Armenia, akar dari spesies yang mirip yaitu Bryony putih ( Bryony alba L. ) digunakan sebagai tonik dan adaptogen.
Gambar struktur Asam betulinat dan cucurbitacin C.

No comments:

Post a Comment