Tuesday, September 8, 2015

Pencetakan Tablet



Pencetakan Tablet
            Dewasa ini banyak dijumpai mesin-mesin cetak tablet dengan model yang beraneka ragam, mulai dari mesin cetak tablet yang mempergunakan tenaga mesin cetak secara otomatis untuk membuat tablet bersalut ganda ataupun secara otomatis untuk membuat tablet berlapis ganda dengan segala jenis bentuk punch dan diesnya.
·         Mesin cetak yang menggunakan tangan
Merupakan mesin cetak tablet yang paling kecil dan sederhana yang didisain sedemikian rupa sehingga operasionalnya dapat dengan mempergunakan tangan. Prinsip kerja yang dimilikinya sama dengan single punch yang lebih besar. Mesin cetak tangan ini mampu memberikan hasil yang seragam dengan penampilan yang baik seperti halnya tablet yang dihasilkan dari mesin cetak lainnya. Mesin cetak yang mempergunakan tangan cocok untuk maksud pembuatan tablet dalam jumlah kecil dan juga untuk tujuan penelitian di pabrik-pabrik maupun di laboratorium perguruan tinggi. Mesin cetak ini mempunyai kemampuan menghasilkan 50 tablet per menit, diameter punch dan dies yang bisa digunakan pada mesin cetak ini adalah 12,7 mm.
·         Mesin cetak single punch
Prinsip kerja mesin cetak single punch ini sama dengan mesin cetak yang mempergunakan tangan. Kemampuan mesin ini untuk mencetak tablet dengan diameter 12,7 mm adalah 60-90 tablet per menit, makin besar diameter tablet yang akan dicetak maka semakin berkurang jumlah tablet yang akan dihasilkannya. Hal ini disebabkan untuk mencetak tablet dengan diameter yang besar membutuhkan tenaga/tekanan yang lebih besar lagi. Tekanan ini dapat dipenuhi apabila daya kerja mesin maksimal pada kecepatan rendah.
·         Mesin cetak rotary
Desain mesin cetak rotary maupun cara operasionalnya sangat berbeda sekali dengan mesin cetak single punch apalagi dengan mesin cetak yang menggunakan tangan. Mesin cetak rotari ini dilengkapi dengan meja die yang bundar yang memiliki beberapa dies didalamnya disertai satu set punch yang jumlahnya sesuai dengan dies yang ada pada meja tersebut.
Perbedaan prinsip kerja mesin cetak tablet :
-          Single Punch :
a.       Pengaturan tekanan berdasarkan pada kedudukan maksimum bawah punch atas
b.      Pengaturan tekanan maupun bobot tablet baru dapat dilakukan pada saat mesin tidak berjalan.
c.       Mampu memproduksi 5100/jam diameter 22,23 mm, tebal 17,8 mm.
-          Rotary :
a.       Pengaturan tekanan berdasarkan pada kedudukan maksimum bawah punch bawah.
b.      Pengaturan tekanan maupun bobot tablet baru dapat dilakukan pada saat mesin sedang berjalan.
c.       Mampu memproduksi 800/menit diameter 12,7 dengan tebal 17,8-50,8 mm
·         Mesin Cetak Rotary Ganda
Mesin cetak rotary ganda ini mampu menghasilkan 2 sampai 3 lapisan tablet. Desainnya sedemikian rupa dilengkapi dengan banyak hopper tergantung dari jumlah lapisan yang akan dibuat, misalnya untuk tablet dengan dua lapisan dimana hopper juga dua. Hopper pertama untuk lapisan pertama, dan hopper kedua berisi granul untuk lapisan kedua. Pengisian ruang cetak dies dilakukan dua kali. Pertama akan diisi granul dari hopper pertama dan diatasnya diisi granul dari hopper  kedua. Pencetakan hanya satu kali, maka hasilnya akan didapat tablet dengan dua lapis yang berbeda. Cara ini dapat digunakan untuk bahan obat yang tidak dicampurkan, dapat diproses dalam bentuk granul yang berbeda. Mesin cetak ganda ini mempunyai model, model pertama dengan 39 station untuk ukuran diameter maksimum tablet, kedua 47 station dengan diameter maksimum 11,1 mm dengan kapasitas 1250 dan 500 tablet/menit.


cara kerja Pencatakan Tablet

            Mencetak Tablet Papaverin 400 mg
1.      Timbang jumlah granul kering
2.      Tambahkan bahan penghancur luar (amylum) dan pelincir (aerosol) dengan jumlah yang sesuai kemudian campur dan adukdengan alat pencampur.
3.      Timbang 400 mg granul dan masukkan ke dalam alat pencetak tablet, lakukan pencetakan tablet sebanyak yang telah diperhitungkan.
Kemudian lakukan evaluasi selanjutnya  

5 comments:

  1. Bermanfaat sekali artikelnya...numpang iklan jual mesin pencetak tablet single punch wa 087812595131

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Andy RofiekSeptember 20, 2018 at 7:50 AM
    sangat bermanfaat untuk kami yang juga menyediakan mesin cetak tablet single punch dengan harga murah karena kami distributor dari luar langsung.

    ReplyDelete
  4. artikel ini lebih lengkap https://farmasiindustri.com/produksi/prinsip-kerja-mesin-pencetak-tablet.html

    ReplyDelete